DAMPAK IMPLEMENTASI INDONESIA - AUSTRALIA COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT TERHADAP PEMBANGUNAN NASIONAL INDONESIA TAHUN 2011 – 2022

Enrico Geraldo, Girsang (2023) DAMPAK IMPLEMENTASI INDONESIA - AUSTRALIA COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT TERHADAP PEMBANGUNAN NASIONAL INDONESIA TAHUN 2011 – 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan-tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk memahami dampak implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) terhadap pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan nasional Indonesia pada tahun 2011 hingga 2022, 2. Untuk menganalisis dampak implementasi IA-CEPA, 3. Untuk melihat sejauh mana institusi-institusi internasional antara Indonesia dan Australia mampu untuk mempengaruhi pembangunan nasional Indonesia, terutama bagi pembangunan nasional berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan positivis (kuantitatif). Dalam metodologi penelitian, ada pendekatan penelitian, identifikasi variabel, teknik pengumpulan data, teknik pengolahan data menggunakan bantuan program aplikasi komputer SPSS, uji instrumen yang terdiri dari uji regresi linier berganda dan uji hipotesis analisis data. Dampak implementasi dari IA-CDPA kepada pembangunan nasional Indonesia pada tahun 2011 hinga 2022 memberikan hasil yang positif dan signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Rekomendasi dari peneliti, adalah untuk pemerintah Indonesia agar mempersiapkan skema antisipasi untuk mengantisipasi terjadinya produk-produk impor Australia terserap pada industri-industri yang berorientasi domestik dan konsumsi rumah tingga yang akan berpengaruh terhadap trade off di produkproduk industri lokal. Salah skema yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun strategi non-tariff measures (NTMs), terutama pada sektor pertanian. Kerjasama IA-CEPA pada bidang pembangunan manusia Indonesia harus mulai difokuskan kepada kesenjangan sosial di Indonesia Wilayah Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:27
Last Modified: 24 Nov 2023 08:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43581

Actions (login required)

View Item View Item