PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH KERAMIK SEBAGAI AGREGAT HALUS DAN FILLER PADA CAMPURAN ASPAL Effect Of Mixing Ceramic Waste As Fine Aggregate And Filler On Asphalt Mixture

ZAINUL, MUTTAQIN (2023) PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH KERAMIK SEBAGAI AGREGAT HALUS DAN FILLER PADA CAMPURAN ASPAL Effect Of Mixing Ceramic Waste As Fine Aggregate And Filler On Asphalt Mixture. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A019196-ZAINUL MUTTAQIN-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
F1A019196-ZAINUL MUTTAQIN-ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE SEMINAR HASIL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE SEMPRO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ketersediaan material campuran seperti agregat alam akan berkurang dan semakin terbatas jika digunakan terus menerus, karena tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu perlu mencari material lain yang dapat digunakan untuk mengganti bahan yang biasa digunakan sehingga bisa mengurangi penggunaan agregat alam. Salah satu bahan pengganti yang bisa digunakan yaitu limbah keramik karena sudah mengalami proses pembakaran dalam suhu tinggi, dan memiliki kekerasan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan limbah keramik pada filler dan agregat halus terhadap nilai volumetrik dan mekanis campuran aspal dengan marshall standard dan immersion test. Pada peroses pengujian dimulai dari pemeriksaan agregat dan aspal. Kemudian dengan menambah agregat yang disyaratkan untuk membuat benda uji campuran AC-BC. Benda uji dibuat sebanyak 3 sampel untuk setiap variasi kadar aspal. Melalui pengujian dengan kadar aspal 5%-7%, kemudian diperoleh nilai KAO sebesar 6%. Pembuatan benda uji yaitu dengan variasi persentase agregat halus limbah keramik. Pengujian marshall dilakukan pada seluruh benda uji, dan dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh. Dari hasil pengujian didapatkan nilai volumetrik, mekanis, dan IKS. Pada setiap parameter yang tercantum dalam persyaratan campuran digambarkan batas spesifikasinya pada grafik dan ditentukan rentang variasi persentase limbah keramik yang memenuhi persyaratan. Hasil pengujian menunjukkan semakin banyak penambahan limbah keramik mengakibatkan nilai VIM dan VMA naik, namun nilai VFB mengalami penurunan. Nilai Karakteristik mekanis (Stabilitas, flow, dan Marshall Quotient) pada semua variasi penambahan limbah kearamik mengalami penurunan seiring penambahan limbah keramik.Limbah Keramik dapat digunakan sebagai agregat halus dan filler dalam pembuatan lapis perkerasan AC-BC dengan variasi kadar 27% limbah keramik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): AC-BC, Limbah keramik, Metode Marshall, filler, agregat halus
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:27
Last Modified: 24 Nov 2023 08:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43584

Actions (login required)

View Item View Item