ANALISIS POTENSI ENERGI ANGIN SEBAGAI SUMBER PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU DI TAMBAK IKAN DESA JAMBU KECAMATAN PAJO KABUPATEN DOMPU

Muh. Faisal, Pratama (2023) ANALISIS POTENSI ENERGI ANGIN SEBAGAI SUMBER PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU DI TAMBAK IKAN DESA JAMBU KECAMATAN PAJO KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_Muh. Faisal Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_MUH. FAISAL PRATAMA.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(REV) POSTER_MUH. FAISAL PRATAMA (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Energi angin adalah salah satu jenis Energi Baru Terbarukan (EBT). Energi terbarukan berasal dari sumber-sumber yang bersih, tidak menghasilkan emisi karbon dan dapat diperbarui. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dan pembangkit listrik dari sumber energi baru terbarukan lain, kedepannya diharapkan dapat mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang merupakan sumber bahan bakar pembangkit listrik utama di Indonesia. Letak geografis Kabupaten Dompu memiliki potensi untuk dibangun sebuah pembangkit listrik tenaga angin. Berdasarkan data dari wind atlas kecepatan angin dikabupaten Dompu sebesar 2,5 m/s – 7,5 m/s yang tersebar diberbagai titik di Kabupaten Dompu. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kecepatan angin di lokasi tambak ikan Desa Jambu Kabupaten Dompu, mendapatkan tipe dan kapasitas turbin yang tepat berdasarkan kecepatan angin dan kebutuhan beban listrik di tambak ikan Desa Jambu dan mendapatkan total energi yang dihasilkan dari tipe dan ukuran turbin angin yang tepat serta mendapatkan total biaya pembangunan PLTB di lokasi tambak ikan Desa Jambu. Proses penelitian dilakukan dengan pengukuran angin secara langsung dengan anemometer, kemudian mensimulasikan data ke dalam software HOMER untuk mendapatkan biaya pembangunan dan listrik yang dihasilkan, yaitu Rp. 562,138,500 dengan kecepatan angin yang didapatkan sebesar 2 m/s – 4 m/s. sehingga sangat cocok untuk dibangun PLTB skala kecil dan menengah untuk membantu memenuhi permintaan listrik di tambak ikan Desa Jambu, Kabupaten Dompu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Energi angin, PLTB, anemometer, HOMER
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:27
Last Modified: 24 Nov 2023 08:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43585

Actions (login required)

View Item View Item