PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEREMPUAN TANI PADA USAHA TANI JAGUNG LAHAN KERING DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH.

DHEA ARTHALIA, PRAMESWARI (2023) PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEREMPUAN TANI PADA USAHA TANI JAGUNG LAHAN KERING DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Dhea Arthalia Prameswari_Peranan Penyuluh Pertanian dalam Meningkatkan Partisipasi Perempuan Ta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_Dhea Arthalia Prameswari_Partisipasi Perempuan Tani pada Usaha Tani Jagung Lahan Kering di Kecamatan .pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat partisipasi perempuan tani pada usahatani jagung lahan kering di Kecamatan Pujut. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif. Unit analisis pada penelitian ini adalah Perempuan yang berusahatani Jagung pada lahan kering di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan menentukan daerah penelitian secara purposive sampling, yaitu pada Desa Mertak dan Desa Sukadana. Penentuan jumlah responden dilakukan dengan cara memilih 30 responden perempuan tani dari masing-masing desa. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan ‘‘Accidental Sampling’’. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer menggunakan Teknik wawancara. Analisis data menggunakan teknik skoring atau kategorikal dan uji korelasi Pearson menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Tingkat partisipasi perempuan tani pada usahatani jagung di Kecamatan Pujut berada pada kategori tinggi (55%) dengan nilai rata-rata sebesar 74,14.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Partisipasi Perempuan Tani, Jagung, Lahan Kering
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:27
Last Modified: 24 Nov 2023 08:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43591

Actions (login required)

View Item View Item