PARTISIPASI PEREMPUAN TANI PADA KEGIATAN USAHATANI PADI DAN TOMAT DI LAHAN SAWAH KECAMATAN PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Yuni, Sari (2023) PARTISIPASI PEREMPUAN TANI PADA KEGIATAN USAHATANI PADI DAN TOMAT DI LAHAN SAWAH KECAMATAN PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Yuni Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi Yuni Sari.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui partisipasi perempuan tani dalam kegiatan usahatani padi di Kecamatan Pringgasela (2) Untuk mengetahui faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi perempuan tani dalam usahatani padi di Kecamatan Pringgasela. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis perempuan tani yang turut berpartisipasi dalam kegiatan usahatani padi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi perempuan tani dalam usahatani padi di lahan sawah Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur secara umum termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 78,1%. Rincian tingkat partisipasi petani dalam setiap kegiatan usahatani padi di lahan sawah yaitu pada tahap perencanaan termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 81,3%, pada tahap pelaksanaan perempuan tani berpartisipasi sedang dengan persentase 59,4%, pada tahap pemanfaatan hasil termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 93,8% dan pada tahap evaluasi termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 59,4%. (2) Berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis regresi linier berganda bahwa umur, tingkat pendidikan perempuan tani, pengalaman usahatani, luas lahan, tanggungan keluarga dan peranan penyuluh tidak mempengaruhi tingkat partisipasi perempuan tani pada usahatani padi di lahan sawah Kecamatan Pringgasela.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Partisipasi, Perempuan Tani, Usahatani Padi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:28
Last Modified: 24 Nov 2023 08:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43600

Actions (login required)

View Item View Item