PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PEMBUATAN AWETAN BIOPLASTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 LOMBOK BARAT

FATHIA, HANDAYANI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PEMBUATAN AWETAN BIOPLASTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FATHIA HANDAYANI_SKRIPSI FULL_2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
1711-Article Text-8724-1-10-20231101.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project based learning (PjBL) melalui pembuatan awetan bioplastik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan di MAN 1 Lombok Barat dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 54 siswa. Sampel penelitian dibagi menjadi siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data berpikir kreatif dan literasi sains siswa dilakukan dengan pemberian tes. Hipotesis penelitian diuji dengan anacova. Hasil Anacova pada data berpikir kreatif menunjukan nilai signifikansi 0,005 < 0,05 dan pada data literasi sains menunjukan nilai signifikansi 0,047 < 0,05, berarti terdapat perbedaan yang signifikan baik pada rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis maupun literasi sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh model PjBL melalui pembuatan awetan bioplastik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Awetan Bioplastik, Berpikir Kreatif, Literasi Sains, Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:51
Last Modified: 27 Nov 2023 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43605

Actions (login required)

View Item View Item