PENGARUH KANDUNGAN ADF DAN NDF PAKAN HAY SORGUM DAN SORGUM MULTINUTRIEN BLOK TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE)

ERNI, FEBRIAN (2023) PENGARUH KANDUNGAN ADF DAN NDF PAKAN HAY SORGUM DAN SORGUM MULTINUTRIEN BLOK TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ERNI FEBRIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ERNI FEBRIAN.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kandungan NDF dan ADF pakan terhadap pertambahan bobot badan kambing Peranakan Etawa yang diberikan pakan hay sorgum dan sorgum multinutrien blok. Sorgum diperoleh dari lahan pertanian di desa Seriwe, Lombok Timur. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan di kandang CV. Cahaya Rizki Farm Keruak. Penelitian ini menggunakan 12 ekor kambing Peranakan Etawa (PE) betina dengan kisaran umur 7 bulan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan sebagai berikut P1 (100% Rumput odot), P2 (70% Rumput odot + 30% Hay sorgum + sorgum multinutrien blok), P3 (50% Rumput odot + 50% Hay sorgum + sorgum multinutrien blok) dan P4 (30% Rumput odot + 70% Hay sorgum + sorgum multinutrien blok). Sampel kemudian diuji proksimat dan analisis Van Soest di Laboratorium Ilmu Nutrisi Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan uji jarak berganda Duncan menggunakan paket program statistik (SPSS). Parameter yang diukur adalah Neutral Detergent Fiber (NDF) dan Acid Detergent Fiber (ADF). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata konsumsi harian pakan berkisar antara 1,38 – 3,92 gr, NDF berkisar 52,84 – 55,91 % dan ADF berkisar 29,72 – 29,86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari kandungan NDF perlakuan terbaik diperoleh pada perlakuan 1 yaitu 100% rumput odot yang berpengaruh pada pertambahan bobot badan ternak dan kandungan ADF tertinggi pada perlakuan 4 yaitu 29,86%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ADF, Hay Sorgum, Kambing PE, NDF, Rumput Odot dan Sorgum Multinutrien Blok
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:53
Last Modified: 27 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43621

Actions (login required)

View Item View Item