PRODUKSI DAN KADAR PROTEIN SUSU KAMBING PE YANG DIBERI PAKAN PELLET LAMTORO (Leucaena leucocephala) DAN PELLET TURI (Sesbania grandiflora)

BILAL AGUS, SAFARI (2023) PRODUKSI DAN KADAR PROTEIN SUSU KAMBING PE YANG DIBERI PAKAN PELLET LAMTORO (Leucaena leucocephala) DAN PELLET TURI (Sesbania grandiflora). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Bilal Agus Safari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
jurnal Bilal Agus Safari.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat pengaruh pemberian pellet lamtoro, pellet turi dan pellet campuran keduanya terhadap produktivitas dan kadar protein susu kambing PE. Pellet didapatkan dari pembuatan menggunakan campuran tepung lamtoro, tepung turi dan perekat tepung kanji di Laboratorium Terapan Teaching Farm Fakultas Peternakan, Universitas Mataram. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih selama 7 minggu. Penelitian ini menggunakan 12 ekor kambing Peranakan Etawa betina dengan laktasi dengan kisaran umur 2 tahun. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan sebagai berikut P0 (100% Rumput odot), P1 (30% Rumput odot + 70% Pellet lamtoro, P2 (30% Rumput odot + 70% Pellet turi, P3 (30% Rumput odot + 70% Pellet campuran keduanya. Data yang diperoleh dari penelitian ini dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan menggunakan paket program statistik (SPSS). Sampel dianalisis Kjaldahl di Laboratorium Kimia dan Biokimia Pangan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram dan Analisis Proksimat di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Universitas Mataram. Parameter yang diukur adalah kandungan bahan kering, protein pakan dan protein susu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata produksi susu harian berkisar antara 142,35 ml – 572,36 ml, konsumsi bahan kering, berkisar antara 828.35 g – 1163,86 g, protein pakan berkisar antara 10,66 % – 23,42 %, dan protein susu berkisar antara 0,28 % – 6,08 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari semua jenis pakan pellet, perlakuan terbaik diperoleh pada perlakuan 3 yaitu 30% rumput odot + 70% dari segi produksi susu harian, protein susu dan konsumsi bahan kering (BK).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kambing PE, pellet campuran, pellet lamtoro, pellet turi, protein susu, produksi susu harian
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:53
Last Modified: 27 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43624

Actions (login required)

View Item View Item