IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023

Haikal, Fikri IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023.

[img] Text
JURNAL PTK FIKRI HAIKAL PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di SDN 37 Cakranegara ternyata guru tidak menggunakan media pembelajaran pada siswa dalam meningkatkan minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) untuk meningkatkan minat baca siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 37 Cakranegara tahun pelajaran 2022/ 2023. Dalam proses belajar mengajar guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan akan berdampak pada minat baca siswa. Model think talk write (TTW) merupakan model pembelajaran kooperatif dengan sistem kerja kelompok terstruktur yang membangun pemahaman siswa melalui kegiatan berpikir (think), berbicara (talk) dan menulis (write). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) untuk meningkatkan minat baca siswa pada muatan Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pra tindakan siklus I sampai siklus II yaitu hasil minat baca siswa 80,05%, hasil siklus I mencapai 66,719% dan hasil siklus II 80,05%. Penelitian dilakukan sampai dengan siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator. Proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) yaitu guru menggunakan buku kelas IV tema 1 indahnya kebersamaan sub tema 1 keberagaman budaya bangsaku pembelajaran ke 1 tentang cerita pawai budaya/LKS. Guru juga memberikan rangsangan melalui beberapa pertanyaan yang mengenai dengan cerita pawai budaya, guru juga menjelaskan apa saja isi cerita pawai budaya. Guru meminta siswa untuk menjelaskan apa isi cerita pawai budaya yang telah dibaca.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif, think talk write (TTW), minat baca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Fikri Haikal
Date Deposited: 27 Nov 2023 11:45
Last Modified: 27 Nov 2023 11:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43638

Actions (login required)

View Item View Item