ANALISIS PRODUKSI USAHA TEMPE DENGAN MENGGUNAKAN METODE BREAK EVEN POINT (BEP) UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) Studi Kasus : Dusun Perandap, Desa Bunut Baok, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah

RAH, MAN (2023) ANALISIS PRODUKSI USAHA TEMPE DENGAN MENGGUNAKAN METODE BREAK EVEN POINT (BEP) UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) Studi Kasus : Dusun Perandap, Desa Bunut Baok, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH TUGAS AKHIR_RAHMAN_F1C 019 127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah sebuah istilah yang mengacu kepada jenis usaha kecil dan merupakan usaha yang berdiri sendiri. UKM UNI’K Tempe merupakan UKM yang memproduksi tempe tiap harinya, UKM ini selama beroperasi tidak pernah melakukan analisis perhitungan untung rugi dan perhitungan secara komprehensif berapa bungkus produk semestinya yang dibuat agar usaha tersebut balik modal dengan memperhatikan faktor produksi atau sumber daya yang digunakan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar biaya dan pendapatan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga mencapai titik impas serta untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik impas. Metode yang digunakan adalah metode Break Even Point (BEP) dimana data yang dibutuhkan dikumpulkan sesuai data dilapangan kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk tabel, selanjutnya dilakukan perhitungan lalu disimpulkan berdasarkan perhitungan tersebut. Berdasarkan hasil analisis diketahui total bungkus produksi yang harus dibuat agar UKM UNI’K Tempe mencapai titik impas yaitu sebanyak 83.098 bungkus dengan lama waktu 1,96 bulan produksi untuk mencapai titik impas. Biaya produksi yang dihabiskan untuk mencapai BEP yaitu terdiri dari biaya tetap (FC) = Rp 51.967.000,00 dan biaya variabel (VC) = Rp 72.680.534,95, sehingga total biaya (TC) yang diperoleh pada UKM UNI’K Tempe yaitu sebesar Rp 124.647.534,95. Sedangkan total pendapatan (TR) yang diperoleh untuk mencapai titik impas yaitu sebesar Rp 63.720.000,00 perbulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Usaha Kecil Menengah, Break Even Point, Tempe, Home Industry
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 00:16
Last Modified: 28 Nov 2023 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43642

Actions (login required)

View Item View Item