PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KAUSALITIK TERINTEGRASI KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGEMBANGAN LITERASI KONSERVASI LINGKUNGAN

Bq. Puspita, Arum (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KAUSALITIK TERINTEGRASI KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGEMBANGAN LITERASI KONSERVASI LINGKUNGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ PUSPITA ARUMM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
artikel_BQ PUSPITA ARUM.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran kausalitik yang terintegrasi karakter dan kearifan lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika dan pengembangan literasi konservasi lingkungan (LKL) peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan quasi eksperiment dengan desain penelitian untreated control group design with pretest-and posttest. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Terara yang berjumlah 216 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih peserta didik kelas X MIPA 6 sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik X MIPA 3 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran kausalitik terintegrasi karakter dan kearifan lokal sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan berupa model pembelajaran konvensional. Instrumen KPM terdiri atas tes berupa soal uraian dengan mempertimbangkan validitas, reabilitas, taraf kesukaran soal, serta daya beda soal dan tes pengembangan LKL berupa angket. Nilai rata-rata KPM yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah 79,87 dan kelas kontrol adalah 72,39. Skor rata-rata pengembangan LKL kelas eksperimen adalah 80,00 dan kelas kontrol adalah 42,58. Data kedua kelas homogen dan terdistribusi normal. Data KPM dan pengembangan LKL dianalisis dengan menggunakan t-test polled varians dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis KPM diperoleh sebesar 4,32 dan hasil analisis pengembangan LKL diperoleh sebesar 10,94. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kausalitik terintegrasi karakter dan kearifan lokal terhadap KPM dan pengembangan LKL.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kausalitik, Karakter, Kearifan lokal, Kemampuan pemecahan masalah, Literasi konservasi lingkungan
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 00:16
Last Modified: 28 Nov 2023 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43646

Actions (login required)

View Item View Item