ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA AGROINDUSTRI BERBASIS KOMODITI UNGGULAN LOKAL (Studi Kasus pada UD Malsye Sembalun Bumbung Kabupaten Lombok Timur)

Apriza Dwi Cahya, Putri (2023) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA AGROINDUSTRI BERBASIS KOMODITI UNGGULAN LOKAL (Studi Kasus pada UD Malsye Sembalun Bumbung Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Apriza Dwi Cahya Putri_ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA AGROINDUSTRI BERBASIS KOMODITI UNGGULAN LOKAL (Studi Kasus pada UD Malsye Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur)_1123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_Apriza Dwi Cahya Putri_ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA AGROINDUSTRI BERBASIS KOMODITI UNGGULAN LOKAL (Studi Kasus pada UD Malsye Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur)_1123.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kelayakan finansial usaha agroindustri di UD. Malsye. (2) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam usaha agroindustri di UD. Malsye. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di UD. Malsye yang berlokasi di Jl. Pariwisata Gn. Rinjani Dusun Bebante Timur secara Purposive Sampling dengan pertimbangan pertama, UD. Malsye merupakan agroindustri yang sudah lama berdiri di Kabupaten Lombok Timur, kedua UD. Malsye memiliki konsumen berkisar pada tingkat lokal, tingkat kabupaten/provinsi, dan bahkan sudah sampai tingkat internasional, ketiga proses pengolahan produk masih menggunakan cara semi tradisional. Unit Analisis dalam penelitian ini adalah unit usaha agroindustri produk berbahan baku kopi, bawang putih, madu, strawberry dan kacang buncis pada UD. Malsye Sembalun Bumbung. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data menggunakan analisis NPV (Net Present Value), IRR (Internal Rate of Return), BCR (Benefit Cost Ratio) dan Payback Period. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil analisis kelayakan finansial menyatakan bahwa usaha ini memiliki NPV sebesar Rp. 436.470.229, yang berarti bahwa usaha ini akan memperoleh keutungan sebesar Rp. 436.470.229 selama 5 tahun menurut nilai waktu uang sekarang, sehingga usaha agroindustri UD. Malsye dapat diputuskan layak untuk dilaksanakan atau layak untuk dijalankan karena nilai NPV nya lebih dari 0. Nilai IRR adalah sebesar 34% yang berarti lebih besar dibandingkan dengan tingkat suku bunga Bank BRI pada saat dilakukan penelitian yaitu pada bulan Juli 2022 (14%). Sehingga usaha ini layak dilaksanakan dibandingkan apabila dananya disimpan di Bank, karena mempunyai kemampuan memporoleh tingkat return yang tinggi. Nilai B/C Ratio sebesar 1,2 yang berarti bahwa setiap Rp.1 biaya yang dikeluarkan akan memberikan keuntungan sebesar Rp. 1,2. Berdasarkan kriteria kelayakan, dimana NPV lebih dari 0 dan bernilai positif, B/C Ratio lebih dari satu, dan IRR lebih besar dari tingkat suku bunga yang berlaku (14%), maka secara kelayakan investasi usaha ini layak untuk diusahakan. Hasil analisis Payback Period menunjukkan bahwa untuk mengembalikan nilai investasi sebesar Rp. 327.465.500 memerlukan waktu 1 Tahun 3 Bulan 18 Hari. (2) Adapun kendala yang dialami pada agroindustri UD. Malsye adalah: bahan baku yang langka dan mudah membusuk ketika pergantian cuaca, serta pada proses produksi black garlic yang menyebabkan black garlic dapat rusak dan gosong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kelayakan Finansial, Komoditi Unggulan, Agroindustri.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 00:16
Last Modified: 28 Nov 2023 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43649

Actions (login required)

View Item View Item