PENGARUH PREVENTIVE MAINTENANCE TERHADAP PENINGKATKAN AVAILABILITY MESIN TNL 130 A DI PT. MORITA TJOKRO GEARINDO MENGGUNAKAN METODE PLAN DO CHECK ACTION (PDCA)

Suhen, di (2023) PENGARUH PREVENTIVE MAINTENANCE TERHADAP PENINGKATKAN AVAILABILITY MESIN TNL 130 A DI PT. MORITA TJOKRO GEARINDO MENGGUNAKAN METODE PLAN DO CHECK ACTION (PDCA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA SUHENDI (F1C019142) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SUHENDI (F1C019142).pdf

Download (997kB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri manufaktur di dunia berlanjut saat terjadi revolusi industri yang dimotivasi James Watt dengan ditemukannya teknologi mesin uap pada tahun 1769, Seiring berkembangannya industri jasa dan manufaktur di indonesia, perusahaan di indonesia tak mau kala saing dengan perusahaan yang berada di luar Indonesia. Upaya dari sebuah perusahaan untuk meningkatkan jumlah produksi adalah dengan meningkatkan operasional dan efisiensi untuk memperkecil pengeluaran perusahaan, untuk menghindari penyebab rusaknya fasilitas produksi, yaitu mesin. Penggunaan dan pemeliharaan mesin yang baik dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses produksi. Namun, meningkatnya penggunaan mesin dalam proses operasional, mengakibatkan tingginya risiko kegagalan atau kerusakan mesin. Hal inilah yang disebut sebagai konsep availability mesin. PT. Morita Tjokro Gearindo PT. Morita Tjokro Gearindo (MTG) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengerjaan logam khususnya memproduksi Gear dan Mechanical parts untuk keperluan komponen mesin kendaraan, alat berat, dan mesin pertanian, dalam upaya meningkatkan daya saing PT. Morita Tjokro Gearindo kesulitan dalam memenuhi pencaian produksi part roller di karenakan rendahnya availability mesin yang digunakan, oleh sebab itu dilakukanlah perbaikan dengan menerapkan preventive maintenance yang merupakan konsep pencegahan terjadinya kerusakan pada mesin. Penerapan preventive maintenance dalam meningkatkan availability adalah suatu pendekatan yang sangat penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses produksi suatu perusahaan. Sehingga pada penelitian ini dilakukan penerapan preventive maintenance untuk menurunkan down time agar dapat meningkatkan availability dan memaksimalkan production achievement. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak dari penerapan preventive maintenance dalam meningkatkan availability menggunakan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action) yang juga merupakan bagian dari konsep kaizen. Pada penelitian ini dilakukan penerapan preventive maintenance mulai dari pengecekan sampai dengan membersikan harian pada mesin, dari penerapan preventive maintenace tersebut menggurangi nilai down time yang terdata pada 2022 yaitu 1462 jam menjadi 0 jam pada bulan April 2023, kenaikan availability yang awalnya terdata pada tahun 2022, dengan nilai availability 74,62% menjadi 100 % di bulan April 2023 dan peningkatan production achievement 46,91 %, menjadi 70% dan mendapatkan referensi perbaikan untuk perbaikan pada proses yang serupa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Availability, Preventive Maintenance, metode PDCA
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:12
Last Modified: 28 Nov 2023 06:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43650

Actions (login required)

View Item View Item