ANALISIS AERODYNAMIC AIRFOIL S809 DENGAN MODIFIKASI FLAP PADA BERBAGAI PANJANG FLAP DAN SUDUT FLAPING DENGAN BERBAGAI TURBULENSI MODEL

HANDRI, AWAN (2023) ANALISIS AERODYNAMIC AIRFOIL S809 DENGAN MODIFIKASI FLAP PADA BERBAGAI PANJANG FLAP DAN SUDUT FLAPING DENGAN BERBAGAI TURBULENSI MODEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
(TA_F1C117014_HANDRIAWAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
PAPER_TA_F1C117014_HANDRIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aerodynamic performance sebuah airfoil, salah satunya dengan menambahkan suatu penampang dibelakang airfoil yang disebut dengan flap. Dimana flap berfungsi untuk mengontrol aerodynamic performance Flap yang digunakan pada penelitian ini berjenis flain flap. Adanya penambahan flap pada suatu airfoil tentu saja akan membuat gap antara badan airfoil dan flap, hal itu tentunya akan mepengaruhi aerodynamic performance. Karna itu perlu diketahui pengaruh panjang flap dan sudut flaping terhadap aerodynamic performance pada modifikasi airfoil dengan berbagai turbulensi mode. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simulasi Computational Fluid Dynamic dengan software Ansys Student 2022 R2. Objek penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari panjang flap dan lebar gap terhadap berbagai variasi model turbulen. aerodynamic performance pada modifikasi airfoil NREL S809 menggunakan software ANSYS. Penelitian dilakukan dengan panjang flap 15%C, 25%C, 35%C dengan lebar gap 3 mm, defleksi flap -5°,5°,10°, dan 15° pada sudut serang 13°.dengan variasi turbulensi model. Hasil peneilitian menunjukkan bahwa panjang flap lebar gap, dan 3 model turbulen berpengaruh terhadap aerodynamic performance airfoil NREL S809. pada setiap defleksi flap -5°,5°,10°, dan 15°. panjang flap 15%C, 25%C, 35%C dengan lebar gap 3 mm, AoA13°. Selalu memilki nilai lift dan nilai drag tertinggi pada panjang flap 35% dan δ = 15° di tiap-tiap model turbulen.dengan nilai lift = 1.7634 pada model spalart-allamaras, 1.4706 pada model turbulen Transition shear stress transpot (SST k- ω), 1.4699 pada model turbulen k-ε.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Airfoil, Flap, Aerodynamic performance, dan model turbulen.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:12
Last Modified: 28 Nov 2023 06:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43651

Actions (login required)

View Item View Item