PRODUKSI ENZIM LIPASE DARI ISOLAT JAMUR DENGAN METODE SSF (SOLID STATE FERMENTATION) UNTUK APLIKASI DALAM BIDANG BIODETERGEN

NIDAAN, KHOVIA (2023) PRODUKSI ENZIM LIPASE DARI ISOLAT JAMUR DENGAN METODE SSF (SOLID STATE FERMENTATION) UNTUK APLIKASI DALAM BIDANG BIODETERGEN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NIDAAN KHOVIA (E1A018068).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Nida'an Khovia_Publish.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Lipase merupakan enzim yang umum digunakan di berbagai industri, termasuk industri detergen untuk meningkatkan kinerja pencucian. Dua isolat jamur (Al dan Cl) telah dilaporkan sangat aktif pada pH tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi jamur (enzim kasar) dalam meningkatkan kinerja pencucian. Enzim diproduksi dengan menggunakan metode SSF (Solid State Fermentation) dengan media ampas tebu. Untuk menentukan bagaimana penambahan enzim dapat mempengaruhi efektivitas pencucian, penelitian ini dilakukan. Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja pencucian meningkat dari 52% (hanya detergen) menjadi 74% jika dikombinasikan dengan enzim kasar. Disimpulkan bahwa Al mempunyai potensi untuk terlibat dalam produksi biodetergen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biodetergen, isolat jamur (Al dan Cl), SSF, Washing test
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Nov 2023 00:27
Last Modified: 29 Nov 2023 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43662

Actions (login required)

View Item View Item