ANALISIS EKONOMI DAN NILAI TAMBAH VIRGIN COCONUT OIL (VCO) PADA KELOMPOK USAHA MANFAAT NYIUH DAYA (MND) DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

M. Hafi, zin (2023) ANALISIS EKONOMI DAN NILAI TAMBAH VIRGIN COCONUT OIL (VCO) PADA KELOMPOK USAHA MANFAAT NYIUH DAYA (MND) DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_M. Hafizin_Analisis Ekonomi dan Nilai Tambah Virgin Coconut Oil (VCO) pada Kelompok Usaha Manfa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_M. Hafizin_Analisis Ekonomi dan Nilai Tambah Virgin Coconut Oil (VCO) pada Kelompok Usaha Manfa.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan produk olahan kelapa yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Salah satu kelompok yang mengusahakan Agroindustri VCO yakni Kelompok Usaha Manfaat Nyiuh Daya (MND) yang berada di Kabuapten Lombok Utara. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan ekonomi dan finansial, serta nilai tambah Virgin Coconut Oil (VCO) pada Kelompok Usaha Manfaat Nyiuh Daya. Metode penelitian ini adalah studi kasus. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Kelompok Usaha Manfaat Nyiuh Daya (MND) dan produsen VCO yang tergabung dalam mitra Kelompok Manfaat Nyiuh Daya di Kabupaten Lombok Utara. Penentuan daerah sampel menggunakan purpossive sampling dengan alasan bahwa daerah ini merupakan daerah penghasil kelapa dan penghasil VCO di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis pendapatan, R/C Ratio, Break Event Point (BEP) dan Payback Period serta analisis nilai tambah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Usaha Manfaat Nyyiuh Daya memperoleh kuntungan sebesar Rp. 16.181.551 dalam sekali proses produksi dengan nilai R/C Ratio sebesar 2,34 dan nilai BEP Penjualan sebesar Rp. 322.505,27 per proses produksi, BEP Produk sebesar 3,22 liter per proses produksi, BEP Harga sebesar Rp. 42.618,61 serta nilai Payback Period sebesar 1.6 bulan. Nilai tambah yang dihasilkan dari pengolahan kelapa menjadi Virgin Coconut Oil (VCO) pada Kelompok Usaha Manfaat Nyiuh Daya (MND) sebesar Rp. 6.178,34 per butir dengan rasio nilai tambah sebesar 68.46%. Keuntungan yang didapatkan sebesar Rp. 5.178,33 per butir dengan tingkat keuntungan sebesar 83.8% dari nilai tambah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Virgin Coconut Oil, Analisis Ekonomi, Nilai Tambah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:40
Last Modified: 01 Dec 2023 08:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43690

Actions (login required)

View Item View Item