STUDI AGRIBISNIS USAHA KERUPUK KULIT SAPI DI KOTA MATARAM

Diana Eka, Safitri (2023) STUDI AGRIBISNIS USAHA KERUPUK KULIT SAPI DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Diana Eka Safitri_STUDI AGRIBISNIS USAHA KERUPUK KULIT SAPI di KOTA MATARAM_1123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
J_Diana Eka Safitri_STUDI AGRIBISNIS USAHA KERUPUK KULIT SAPI di KOTA MATARAM_1123.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Untuk menganalisis biaya dan pendapatan usaha kerupuk kulit di Kota Mataram; (2). Untuk menganalisis nilai tambah usaha kerupuk kulit di Kota Mataram; (3). Untuk mengetahui efisiensi pemasaran usaha kerupuk Kulit di Kota Mataram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usaha kerupuk kulit di Kota Mataram. Pengambilan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling yaitu Kecamatan Mataram dan Kecamatan Cakranegara karena sebagai sentra produksi kerupuk kulit. Kemudian dari 2 kecamatan tersebut dipilih 3 kelurahan yaitu Pagesangan Barat mewakili Kecamatan Mataram, Kelurahan Cakranegara Selatan dan Kelurahan Cakranegara Selatan Baru mewakili Kecamatan Cakranegara. Responden dalam peneitian ini adalah pengusaha kerupuk kulit. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik wawancara dengan responden berpedoman daftar pertanyaan yang sudah disiapkan. Analisis data yang digunakan adalah: aliran proses; analisis biaya dan penerimaan; Metode hayami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata penerimaan diperoleh sebesar Rp 3.314.595,- per proses produksi dengan rata-rata biaya produksi sebesar Rp 2.103.539,90 per proses produksi. Rata-rata pendapatan usaha kerupuk kulit di Kota Mataram sebesar Rp 1.211.055,- per proses produksi; (2) Rata-rata nilai produksi yang diperoleh untuk setiap kilogram bahan baku sebesar Rp 56.000,00,-/kg bb, dan selisih antara nilai produksi dengan harga bahan baku serta sumbangan bahan penolong dan bahan pendukung menghasilkan nilai tambah Rp 25.851,52/kg bb, dengan rasio nilai tambah 55,31%; (3) Saluran pemasaran kerupuk kulit di Kota Mataram melalui 3 (tiga) saluran pemasaran, yaitu: Saluran Pemasaran-1 (Produsen → PPK → Pr → KA) sebanyak 50,55% dari seluruh produknya; 25,28% melalui Saluran Pemasaran-II (Produsen → Pr → KA); dan 9,10% melalui Saluran Pemasaran-III (Produsen → KA); Saluran pemasara-III (Produsen → KA) lebih efisien dibandingkan saluran pemasaran-I (Produsen → PPK → Pr → KA) dan saluran pemasaran-II (Produsen → Pr → KA) karena tidak memiliki margin pemasaran, sementara itu margin pemasaran pada saluran pemasaran-I dan II sebesar Rp 25.000/kg; Share produsen pada saluran pemasaran-I dan saluran pemasaran-II adalah 80% > 60%, yang berarti pemasaran 3 kerupuk kulit di Kota Mataram efisien; Distribusi keuntungan pada saluran pemasaran-I (Produsen → PPK → Pr → KA) sebesar 0,16 < 0,5 yang berarti pemasaran kerupuk kulit di Kota Mataram melalui saluran pemasaran-I dapat dikatakan tidak efisien dimana keuntungan pemasaran tidak terdistribusi secara adil diantara lembaga pemasaran yang terlibat (PPK dan Pr). Nilai ratio keuntungan dengan biaya pemasaran (∏/C) pada pedagang pengepul (PPK) adalah 19,67 lebih besar dibandingkan nilai ratio keuntungan dengan biaya pemasaran (∏/C) pada pedagang pengecer (Pr) adalah 3,24, artinya pedagang pengepul menerima keuntungan lebih besar dibandingkan pedagang pengecer dari biaya pemasaran yang dikeluarkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disarankan: (1) Kepada Pengusaha Usaha kerupuk kulit di Kota Mataram memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk itu pengusaha hendaknya mengembangkan produk agar lebih inovatif baik dari rasa maupun kemasan produknya; (2) Kepada Pemerintah Kepada pemerintah atau instansi terkait diharapkan agar memberi tambahan pelatihan serta bantuan alat-alat yang dapat memudahkan dalam produksi kerupuk kulit serta informasi yang lebih luas tentang pemasaran kerupuk kulit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kerupuk Kulit, Biaya dan Pendapatan, Nilai Tambah, Efisiensi Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:40
Last Modified: 01 Dec 2023 08:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43692

Actions (login required)

View Item View Item