HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Dinda, Salsabila (2023) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Stres merupakan pola reaksi yang terjadi akibat adanya stresor. Stres dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah persepsi individu terhadap situasi sulit serta kemampuan individu tersebut dalam menghadapi atau bahkan mengambil manfaat dari situasi tersebut. Hal ini sejalan dengan konsep adversity intelligence. Saat ini, masih sedikit penelitian yang membahas tentang hubungan antara adversity intelligence dengan tingkat stres pada mahasiswa kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity intelligence dengan tingkat stres pada mahasiswa PSPD Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pengambilan data secara potong lintang. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 96 orang yang dipilih dengan metode proportionate stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner Perceived Stress Scale10 dan Adversity Response Profile. Analisis hubungan kedua variabel dilakukan dengan uji Spearman. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengalami stres sedang (62,5%), diikuti stres ringan (29,17%) dan stres berat (8,33%). Hasil uji bivariat menunjukkan terdapat korelasi negatif yang bermakna antara adversity intelligence dan tingkat stres (p<0,001; r = -0,591). Kesimpulan: Mahasiswa dengan adversity intelligence yang tinggi cenderung memiliki stres tingkat rendah. Sebaliknya, mahasiswa dengan adversity intelligence rendah cenderung memiliki stres tingkat berat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Adversity Intelligence, stres, mahasiswa
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:19
Last Modified: 05 Dec 2023 06:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43705

Actions (login required)

View Item View Item