PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP DENGAN RINITIS ALERGI DAN BUKAN RINITIS ALERGI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Izza Ahmad, Muharis (2023) PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP DENGAN RINITIS ALERGI DAN BUKAN RINITIS ALERGI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Ringkasan KTI Izza.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Rinitis alergi (RA) adalah suatu proses inflamasi pada mukosa hidung yang disebabkan oleh reaksi hipersensitivitas yang dimediasi oleh imunoglobulin E (IgE) terhadap paparan alergen. Gejala rinitis alergi adalah bersin berulang, hidung tersumbat, rinorea dan hidung gatal, yang dapat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rinitis alergi dengan kualitas hidup pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner Score for Allergic Rhinitis (SFAR) dan SF-36 melalui google form pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram angkatan 2021 dan 2022. Variabel terdiri dari status rhinitis alergi dan kualitas hidup. Analisis hubungan bivariat dilakukan menggunakan uji korelasi koefisien kontingensi. Hasil: Total 212 responden berpartisipasi dalam penelitian ini, dengan 28% penderita rhinitis alergi, dan dari domain kualitas hidup 97% memiliki fungsi fisik baik, 74% tanpa keterbatasan peran akibat masalah fisik, 79% tanpa keterbatasan peran akibat masalah emosional, 69% memiliki energi baik, 83% memiliki kesejahteraan emosional, 88% fungsi sosial baik, 92% tanpa nyeri, dan 65% memiliki kesehatan umum baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara rinitis alergi dengan kualitas hidup. Kesimpulan: tidak terdapat hubungan antara status rhinitis alergi dengan kualitas hidup pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Angkatan 2021 dan 2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rinitis alergi, Kualitas hidup, SFAR, SF-36
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:50
Last Modified: 06 Dec 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43709

Actions (login required)

View Item View Item