PRELIMINARY STUDY IDENTIFIKASI FAKTOR RISIKO KEJADIAN ACUTE DYSBARIC DISORDER (ADD) PASCAPENYELAMAN PADA NELAYAN DI DAERAH SEKOTONG, LOMBOK BARAT

Putu Cicilia Rarasati, Kuta (2023) PRELIMINARY STUDY IDENTIFIKASI FAKTOR RISIKO KEJADIAN ACUTE DYSBARIC DISORDER (ADD) PASCAPENYELAMAN PADA NELAYAN DI DAERAH SEKOTONG, LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_Putu Cicilia Rarasati Kuta (H1A020089).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Ringkasan KTI_Putu Cicilia Rarasati Kuta (H1A020089).pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Acute Dysbaric Disorder adalah gangguan akibat perubahan tekanan yang muncul secara akut. Provinsi NTB memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang tinggi sehingga banyak penduduknya memiliki mata pencarian sebagai nelayan penyelam tradisional. Nelayan penyelam tradisional di NTB masih menggunakan alat penyelaman tidak terstandar dan memiliki keterampilan menyelam tanpa melalui pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko Acute Dysbaric Disorder pascapenyelaman pada nelayan penyelam tradisional di daerah Sekotong, Lombok Barat. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Subjek pada penelitian ini adalah nelayan penyelam tradisonal di Desa Buwun Mas yang berjenis kelamin laki-laki dan berusia 18-60 tahun dengan jumlah 30 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis secara deskriptif Hasil: Dari 30 subjek, gejala yang banyak dialami adalah kelelahan (83,3%), telinga berdenging (73,3%), vertigo (56,7%), mudah lupa (60%), gangguan penglihatan (53,3%). Dari 30 subjek, 100% tidak melakukan pemijatan, mandi air hangat, dan mengonsumsi alkohol setelah menyelam, sementara 93% tidak melakukan aktivitas fisik berat dan memiliki durasi istirahat >4 jam setelah menyelam. Simpulan: Tidak didapatkan faktor risiko yang diidentifikasi berupa pemijatan, mandi air hangat, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, dan durasi istirahat sebagai kontributor kejadian Acute Dysbaric Disorder (ADD) pascapenyelaman pada nelayan di daerah Sekotong, Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Acute Dysbaric Disorder, nelayan penyelam tradisional, faktor risiko, pascapenyelaman
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Dec 2023 05:35
Last Modified: 07 Dec 2023 05:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43713

Actions (login required)

View Item View Item