ANALISIS KONSUMSI ENERGI MOBIL LISTRIK KAPASITAS 10 KW DENGAN VARIASI KECEPATAN DAN WAKTU PADA KENDARAAN RAMAH LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM

Karma Agung, Gulan (2023) ANALISIS KONSUMSI ENERGI MOBIL LISTRIK KAPASITAS 10 KW DENGAN VARIASI KECEPATAN DAN WAKTU PADA KENDARAAN RAMAH LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
tugas akhir cd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal tugas akhir cd.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Mobil listrik merupakan salah satu solusi kendaraan untuk mengatasi ketersediaan energi yang semakin menipis dan mengurangi polusi udara, dengan memanfaatkan motor listrik untuk mengkonversi energi listrik menjadi energi gerak. Analisis konsumsi energi mobil listrik sangat fundamental dilakukan untuk mengetahui jarak yang bisa ditempuh oleh mobil listrik. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan pengujian guna mengetahui pengaruh variasi kecepatan dan waktu terhadap konsumsi energi mobil listrik fakultas teknik Universitas Mataram. Pengujian dilakukan dengan variasi kecepatan 30 km/jam, 40 km/jam dan 50 km/jam dengan masing-masing waktu 15 menit, 30 menit dan 45 menitt. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variasi kecepatan dan waktu berbanding lurus dengan konsumsi energi mobil listrik, yang dimana semakin tinggi kecepatan dan semakin lama waktunya maka konsumsi energi mobil listrik meningkat. Nilai konsumsi energi mobil listrik tertinggi didapatkan pada kecepatan 50 km/jam selama 45 menit yaitu sebesar 0.807 kWh, sedangkan nilai konsumsi energi mobil listrik terkecil didapatkan pada kecepatan 30 km/jam selama 15 menit yaitu sebesar 0.187 kWh. Pada pengujian juga didapatkan bahwa efisiensi energi listrik akan naik seiring bertambahnya kecepatan akan tetapi seiring berjalannya waktu efisiensi menjadi turun. efisiensi tertinggi pada kecepatan paling tinggi yaitu kecepatan 50 km/jam sebesar 74% dikarenakan arus yang dibutuhkan ketika kecepatan tinggi pada momen tertentu lebih kecil sehingga efisiensi yang didapatkan juga pada kecepatan tersebut tinggi, kemudian efisiensi terkecil didapatkab pada kecepatan 30 km/jam selama 15 menit yaitu sebesar 46%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mobil listrik, Motor listrik, konsumsi energi mobil litrik, efisiensi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:15
Last Modified: 08 Dec 2023 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43720

Actions (login required)

View Item View Item