PERAN INDONESIA TOURISM DEVELOPMENT CORPORATION (ITDC) DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KEK MANDALIKA SEBAGAI NATION BRANDING DI TINGKAT GLOBAL

I Putu Bagus Wira, Darmawan (2023) PERAN INDONESIA TOURISM DEVELOPMENT CORPORATION (ITDC) DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KEK MANDALIKA SEBAGAI NATION BRANDING DI TINGKAT GLOBAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_I Putu Bagus Wira Darmawan_L1A019053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_I Putu Bagus Wira Darmawan_L1A019053.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi ITDC mewujudkan KEK Mandalika sebagai nation branding di tingkat global. Proyek yang telah dikembangkan sektor pariwisata di Lombok adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Dtetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata dengan luas area sebesar 1.035,67 Ha. ITDC (BUMN) Persero yang fokus pada pengembangan kawasan pariwisata yang strategis di Indonesia. Nation Branding sport tourism untuk menarik wisatawan dan memperkenalkan Mandalika sebagai wisata yang menarik. Penelitian ini menggunakan teori nation branding dan konsep BUMN Persero Jenis dan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Analisis Peran ITDC Dalam Membentuk KEK Mandalika Sebagai Nation Branding di tingkat Global. Nation Branding Simon Anholt dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa persepsi suatu individu maupun kelompok dalam melihat suatu negara berdasakan dari 6 hal, yang kemudian disebut sebagai nation brand hexagon adalah Kebijakan Pemerintah, Investasi, Budaya, Sumber Daya Manusia, Pariwisata, Produk Dalam upaya mewujudkan Kek Mandalika sebagai Nation Branding di tingkat global, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memegang peran yang sangat penting. ITDC telah berperan dalam mengembangkan, mempromosikan, dan membangun infrastruktur pariwisata di Mandalika, dengan tujuan meningkatkan citra Indonesia sebagai destinasi pariwisata unggulan di mata dunia. Melalui proyek dan investasi yang dilakukan oleh ITDC, Mandalika telah berhasil menarik perhatian wisatawan internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ITDC, KEK Mandalika, Nation Branding
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:15
Last Modified: 08 Dec 2023 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43721

Actions (login required)

View Item View Item