PENGARUH BENDUNGAN MENINTING TERHADAP BESAR DEBIT BANJIR DI HILIR DAERAH ALIRAN SUNGAI MENINTING DENGAN MENGGUNAKAN HEC-HMS

ANGGI BAYU, CHRISTIYANTO (2023) PENGARUH BENDUNGAN MENINTING TERHADAP BESAR DEBIT BANJIR DI HILIR DAERAH ALIRAN SUNGAI MENINTING DENGAN MENGGUNAKAN HEC-HMS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Anggi Bayu C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi Anggi Bayu Christiyanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan banjir di Kabupaten Lombok Barat hampir terjadi setiap tahunnya, terutama pada daerah perkotaan dan bantaran wilayah DAS Meninting. Potensi kejadian banjir di DAS ini cukup besar karena tingginya curah hujan dan alih fungsi lahan yang terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar debit banjir rencana yang akan terjadi dan seberapa besar pengaruh bendungan Meninting dalam mereduksi banjir pada DAS Meninting tersebut. Pada studi ini digunakan program bantuan berupa HEC-HMS (Hidrologic Engineering Center’s – Hydrologic Modeling System) yang mempunyai kemampuan untuk menjalankan berbagai simulasi hidrologi. Studi dimulai dengan menghitung curah hujan rencana menggunakan metode Normal yang kemudian dimasukkan dalam model HEC-HMS. Pemodelan hujan aliran menggunakan metode Specified Hyetograph, kehilangan air dengan metode SCS Curve Number (CN), limpasan langsung dengan metode SCS Unit Hydrograph (SCS-UH), dan untuk aliran dasar dengan metode Recession. Berdasarkan simulasi model, didapatkan debit banjir rencana pada DAS Meninting kala ulang 2, 5, 10, 20, 50, dan 100 tahun berturut-turut sebesar 649.9 m3/s; 815,5 m3/s; 903,3 m3/s; 975,5 m3/s; 1058,1 m3/s dan 1114,5 m3/s. Sedangkan reduksi banjir dari Bendungan Meninting pada kala ulang 2, 5, 10, 20, 50, dan 100 tahun berturut-turut sebesar 11,6%, 11,6%, 11,2%, 10,5%, 9,7%, dan 9,2%. Sehingga rata-rata reduksi banjir akibat Bendungan Meninting adalah sebesar 10,6%. Dengan demikian, nilai debit banjir rencana untuk setiap periode waktu dapat dimodelkan dengan baik dengan HEC-HMS. Serta dari hasil HEC-HMS diperoleh kemampuan bendungan Meninting dalam mereduksi banjir belum cukup untuk mengatasi banjir yang terjadi di Kabupaten Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Banjir, DAS Meninting, Simulasi, HEC-HMS, Debit Banjir.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:55
Last Modified: 11 Dec 2023 06:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43724

Actions (login required)

View Item View Item