TINGKAT KESESUAIAN CAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA KEDOKTERAN UNRAM DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN SKDI DI BIDANG THT-KL

Nini Asri, Rahmayunita (2023) TINGKAT KESESUAIAN CAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA KEDOKTERAN UNRAM DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN SKDI DI BIDANG THT-KL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI NINI ASRI RAHMAYUNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL PUBLIKASI NINI ASRI.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Ilmu Kedokteran dan Pendidikan adalah bidang ilmu yang saling mendukung. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa adalah metode pembelajaran. Metode pembelajaran menjadi sangat penting di dalam kegiatan pembelajaran, karena metode pembelajaran terus mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan ilmu kedokteran. Standar minimal kompetensi mahasiswa yang harus dipenuhi adalah sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI). Peningkatan kompetensi mahasiswa program Studi Pendidikan Dokter merupakan tuntutan, kebutuhan masyarakat danperkembangan teknologi kesehatan yang semakin luas dan modern. Implementasi strategi pembelajaran dengan metode SPICES merupakan strategi pendidikan yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode pembelajaran SPICES terhadap hasil belajar mahasiwa pada bidang THT-KL. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan desain studi cross sectional, yang melibatkan 46 responden dari 66 Mahasiswa Angkatan Tahun 2019. Penelitian ini focus pada satu variabel independent yaitu metode pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa pada Blok THT-KL sebagai variable dependent. Data gambaran pelaksanaan pembelajaran THT-KL berbasis SKDI didapatkan dari mahasiswa dengan menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk google form, sementara data hasil belajar THT-KL didapatkan dengan teknik dokumentasi yaitu menggunakan nilai THT-KL di bagian akademik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Kedua data tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan uji statistik Mann-Whitney dan uji Spearman. Hasil: Jumlah mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 46 orang terdiri dari 19 laki-laki dan 27 perempuan. Skor dari komponen dalam metode SPICES yang didapatkan masing-masing adalah: 62.17% Community based learning; 61.84% untuk Problem based learning; Integreted learning 58.70%; Elective 58.59%, Student centered learning 58.26%; dan Systematic 56.76%. Implementasi metode pembelajaran memberikan kontribusi signifikan terhadap kemampuan akademik mahasiwa FK Unram dibidang THT-KL(p<0.05). Simpulan: Materi pembelajaran THT-KL yang diberikan kepada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter secara keseluruhan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan SKDI Tahun 2019

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kompetensi, pembelajaran, SKDI, SPICES, THT-KL.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:00
Last Modified: 12 Dec 2023 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43746

Actions (login required)

View Item View Item