HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI PUSKESMAS NIPAH, MALAKA, KABUPATEN LOMBOK UTARA

Salsabila, Chauna (2023) HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI PUSKESMAS NIPAH, MALAKA, KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah_Salsabila Chauna (H1A020104).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi_Salsabila Chauna (H1A020104).pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Stunting menjadi salah satu masalah gizi dengan prevalensi yang tinggi di Indonesia. Stunting merupakan masalah pertumbuhan yang sering terjadi terutama selama 1000 hari pertama kehidupan (HPK) yang disebabkan oleh multifaktorial. Beberapa faktor yang dikaitkan dengan kejadian stunting adalah riwayat berat badan lahir rendah (BBLR) dan praktik pemberian ASI eksklusif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan berat badan lahir rendah (BBLR) dan pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting pada balita di Puskesmas Nipah, Malaka, Kabupaten Lombok Utara. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain case control. Sampel pada penelitian ini melibatkan 52 balita stunting dan 52 balita tidak stunting berusia 24-60 bulan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Data diperoleh dari buku KIA dan pengisian kuesioner. Analisis bivariat menggunakan uji chi square dan uji fisher. Hasil: Terdapat 7,7% balita dengan berat badan lahir rendah dan 94,2% balita yang mendapatkan ASI secara eksklusif mengalami kejadian stunting. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan antara BBLR (p-value 1,000) dan pemberian ASI eksklusif (p-value 0,318) dengan kejadian stunting pada balita berusia 24-60 bulan. Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara berat badan lahir rendah (BBLR) dan pemberian ASI Eksklusif dengan kejadian stunting pada balita di Puskesmas Nipah, Malaka, Kabupaten Lombok Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Stunting, BBLR, ASI eksklusif, Balita
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Dec 2023 23:46
Last Modified: 12 Dec 2023 23:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43750

Actions (login required)

View Item View Item