Pengaruh Makanan Terhadap Kejadian Hipertensi pada Ibu Hamil di UPT Puskesmas Kediri Lombok Barat Menggunakan Kuesioner Food recall 24 Jam

Res, tia (2023) Pengaruh Makanan Terhadap Kejadian Hipertensi pada Ibu Hamil di UPT Puskesmas Kediri Lombok Barat Menggunakan Kuesioner Food recall 24 Jam. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI - Restia fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi Unram Restia.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan kondisi seseorang yang mempunyai tekanan darah berada di atas batas normal sesuai dengan aturan medis yaitu lebih besar dari 140/90 mmHg. Hipertensi merupakan penyakit berbahaya di dunia medis karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada setiap orang, terutama ibu hamil. Penyebab terbanyak kematian pada ibu dan janin adalah hipertensi pada kehamilan dengan prevalensi 33,07%, terutama di NTB sebanyak 2,70%. Hal ini erat kaitannya dengan faktor risiko yang dapat dimodifikasi contohnya yaitu makanan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian untuk melihat apakah terdapat pengaruh makanan terhadap kejadian hipertensi pada ibu hamil. Metode: penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik observasional dengan rancangan penelitian cross-sectional. Sampel penelitian yang digunakan adalah ibu hamil yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Kediri. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 10 responden ibu hamil yang sudah masuk kriteria inklusi dan lolos kriteria eksklusi. Data diperoleh dari wawancara dengan mengisi food recall 24 jam. Pengolahan data digunakan Analisis data dilakukan dengan menggunkan aplikasi SPSS. Hasil: Hasil uji korelasi Pearson tentang pengaruh makanan terhadap kejadian hipertensi pada ibu hamil yaitu pada karbohidrat (p = 0,242), lemak (p = 0,013), natrium (p = 0,571 ) dan serat (p = -.057). Dari hasil ini didapatkan terdapat hubungan antara konsumsi lemak dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil dengan korelasi (p = 0,013). Adanya lemak yang berlebih nantinya akan menimbulkan plak didalam pembuluh darah yang mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga tahanan pembuluh darah naik yang memicu tekanan darah meningkat. Kesimpulan: berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara konsumsi lemak dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil dan sesuai dengan data food recall 24 jam untuk konsumsi karbohidrat dan natrium ibu hamil mengkonsumsi dengan di atas kebutuhan yang dimana berpengaruh terhadap kejadian hipertensi serta kurangnya asupan serat yang dikonsumsi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hipertensi, Makanan, Ibu hamil
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Dec 2023 23:46
Last Modified: 12 Dec 2023 23:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43751

Actions (login required)

View Item View Item