HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT TUBERKULOSIS (TB) DI PUSKESMAS KUTA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Lale Srigading, Udayanti (2023) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT TUBERKULOSIS (TB) DI PUSKESMAS KUTA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
KTI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3054-Article Text-9653-1-10-20230927 (1).pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Tuberkulosis (TB) merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia dari agen infeksi menular setelah HIV/AIDS yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Jumlah sebenarnya dari kasus TB di Indonesia masih jauh dari yang ditemukan dan diobati serta terjadinya penurunan jumlah kasus TB pada tahun 2021 sampai 2022 di Kabupaten Lombok Tengah. Hal ini berkaitan dengan tingkat pendidikan masyarakat dan pengetahuan tentang penyakit TB. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan sebuah penelitian untuk melihat apakah terdapat hubungan antara tingkat pendidikan terhadap pengetahuan masyarakat tentang penyakit tuberkulosis (TB). Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik korelatif dengan rancangan penelitian cross-sectional. Sampel penelitian yang digunakan adalah masyarakat yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Kuta yang sedang berkunjung ke Puskesmas Kuta terutama Poli TB saat penelitian dilakukan yang masuk kriteria inklusi dan lolos kriteria eksklusi. Data diperoleh dari kuesioner tentang penyakit TB. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Hasil: Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 84 orang yang didominasi oleh usia >50 tahun sebanyak 25 orang (29,8 %) dan jenis kelamin perempuan sebanyak 47 orang (56 %). Hasil uji univariat tentang tingkat pendidikan masyarakat berpendidikan dasar (42,2%), berpendidikan menengah (51,2%), dan berpendidikan tinggi (3,6%) dan pengetahuan tentang TB baik (58,3%), sedang (40,5%), dan kurang (1,2%). Hasil uji bivariat menunjukan terdapat hubungan antara tingkat pendidikan masyarakat terhadap pengetahuan tentang TB dengan nilai (p-value = 0,006) dengan korelasi (r = 0,296). Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang lemah antara tingkat pendidikan masyarakat terhadap pengetahuan tentang penyakit TB di Puskesmas Kuta Kabupaten Lombok Tengah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tuberkulosis, Pendidikan, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:35
Last Modified: 14 Dec 2023 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43754

Actions (login required)

View Item View Item