HUBUNGAN ACADEMIC BURNOUT DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Dinda Puspita, Sari (2023) HUBUNGAN ACADEMIC BURNOUT DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Karya Tulis Ilmiah_Dinda Puspita Sari (H1A020028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
RINGKASAN KARYA TULIS ILMIAH_DINDA PUSPITA SARI (H1A020028).pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Academic Burnout mengacu pada perasaan lelah akibat paksaan untuk belajar (exhaustion), perasaan sinis terhadap tugas (cynicism), dan merasa tidak kompeten sebagai siswa (low personal efficacy). Prevalensi academic burnout pada mahasiswa kedokteran signifikan lebih tinggi dibandingkan mahasiswa program studi lainnya dengan prevalensi di berbagai negara adalah 14,8 – 79,9%. Salah satu dampak dari academic burnout adalah ketidakmampuan dalam menyelesaikan tugas akademik atau perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui adanya hubungan academic burnout dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode : Desain penelitian menggunakan cross sectional study. Populasi penelitian adalah mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling sebanyak 180 mahasiswa diikutkan dalam penelitian ini dengan pembagian 60 mahasiswa dari setiap angkatan 2020, 2021, dan 2022. Hasil : Pada penelitian ini didapatkan mahasiswa dengan high exhaustion sebanyak 106 mahasiswa (58,9%), 87 mahasiswa (48,3%) mengalami high cynicism, dan 87 mahasiswa (48,3%) memiliki low personal efficacy. didapatkan 157 mahasiswa (87,2%) memiliki tingkat perilaku prokrastinasi akademik yang rendah, 13 mahasiswa (7,2%) memiliki tingkat perilaku prokrastinasi akademik yang sedang, dan 10 mahasiswa (5,6%) memiliki tingkat perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi. Sari hasil uji spearman didapatkan ketiga dimensi academic burnout yaitu exhaustion, cynicism, dan personal efficacy memiliki korelasi yang signifikan bermakna dengan perilaku prokrastinasi akademik (rE = 0,336; rCY = 0,268; dengan p<0,001; dan rPE = -0,193 dengan p<0,05). Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan bermakna antara academic burnout pada tiga dimensi yaitu exhaustion, cynicism, dan personal efficacy dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Academic burnout, exhaustion, cynicism, low personal efficacy, perilaku prokrastinasi akademik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:35
Last Modified: 14 Dec 2023 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43756

Actions (login required)

View Item View Item