HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DAN DEPRESI DENGAN KEJADIAN KARDIOVASKULAR MAYOR PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER YANG MENJALANI INTERVENSI KORONER PERKUTAN DI RSUD PROVINSI NTB

Ni Made Utami, Wulandari (2023) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DAN DEPRESI DENGAN KEJADIAN KARDIOVASKULAR MAYOR PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER YANG MENJALANI INTERVENSI KORONER PERKUTAN DI RSUD PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH KTI_H1A020080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
RINGKASAN KTI_H1A020080.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah penyebab utama kematian global. Meskipun tindakan seperti intervensi koroner perkutan (IKP) telah meningkatkan angka harapan hidup, masih terdapat masalah terkait dengan kejadian kardiovaskular mayor (KKvM). Diperkirakan salah satu faktor risiko yang penting dalam memprediksi prognosis pasien PJK yang menjalani IKP adalah faktor psikologis, berupa kecemasan dan depresi, tetapi penelitian di Indonesia tentang hal ini masih terbatas. Tujuan penelitian: Mengetahui tingkat kecemasan dan depresi pada pasien PJK yang menjalani IKP di RSUD Provinsi NTB dan hubungannya dengan KKvM dalam 7 hari. Metode: Penelitian berjenis desain analitik dengan pendekatan potong lintang. Pengambilan sampel dengan teknik consecutive sampling. Populasi penelitian adalah pasien PJK yang menjalani IKP di RSUD Provinsi NTB dengan jumlah sampel 33 Hasil: Terdapat 11 pasien (33.3%) mengalami kecemasan dan 5 pasien mengalami depresi (15.2%). Pasien yang mengalami KKvM sebanyak 2 (6.1%) dengan kecemasan. Terdapat hubungan yang lemah antara tingkat kecemasan dengan KKvM (coefficient value 0.379) dan tidak terdapat hubungan antara tingkat depresi dengan KKvM (coefficient value 0.101) berdasarkan uji Eta. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan KKvM, tetapi hubungannya memiliki kekuatan yang lemah. Sedangkan, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara depresi dengan KKvM pada pasien RSUD Provinsi NTB yang menjalani IKP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecemasan, depresi, PJK, KKvM, IKP
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:36
Last Modified: 14 Dec 2023 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43762

Actions (login required)

View Item View Item