PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII-10 SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SUSANTI, FITRIAH (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII-10 SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (FITRIAH SUSANTI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII-10 SMP Negeri 7 Mataram tahun pelajaran 2014/2015 pada materi segiempat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode scaffolding. Model Problem Based Learning (PBL) adalah model pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Dengan metode scaffolding guru memberikan bimbingan kepada siswa pada awal pembelajaran dan mengurangi secara bertahap dan berhenti ketika siswa benar-benar dapat memecahkan masalah mereka sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat. Data kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada akhir setiap siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan klasikal mencapai 85% dengan nilai rata-rata minimum per individu 75. Dari analisa hasil evaluasi kemampuan pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata hasil evaluasi pada siklus I,II dan III masing-masing adalah 76, 77, dan 87 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 62%, 83% dan 90%. Dari hasil penelitian tersebut terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah di setiap siklus. Melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan metode scaffolding dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat siswa kelas VII-10 SMPN 7 Mataram tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, scaffolding, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 May 2018 04:47
Last Modified: 28 May 2018 04:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4377

Actions (login required)

View Item View Item