HUBUNGAN ANEMIA PADA KEHAMILAN DENGAN KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DI DAERAH PESISIR DESA MALAKA, KABUPATEN LOMBOK UTARA

Amelia Wahyu, Maharani (2023) HUBUNGAN ANEMIA PADA KEHAMILAN DENGAN KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DI DAERAH PESISIR DESA MALAKA, KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI_Amelia Wahyu Maharani_H1A020008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Ringkasan KTI_Amelia Wahyu Maharani_H1A020008.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Kebutuhan zat besi selama kehamilan meningkat hingga tiga kali lipat sehingga ibu hamil rentan mengalami anemia. Anemia memberikan dampak buruk bagi bayi salah satunya adalah berat badan lahir rendah (BBLR). BBLR dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tempat tinggal berupa perkotaan dan daerah pesisir memiliki latar belakang sosiokultural yang berbeda yang berkaitan dengan faktor pekerjaan, pendapatan, informasi nutrisi, dan akses makanan tinggi nutrisi sehingga berdampak terhadap kejadian BBLR. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan anemia pada kehamilan dengan kejadian BBLR di daerah pesisir Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara. Metode: Desain penelitian ini adalah case control. Populasi penelitian adalah ibu dan bayinya yang lahir pada Januari 2020 – Juni 2023 dan bertempat tinggal di Desa Malaka. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik consecutive sampling sebanyak 117 subjek. Hasil: Hasil uji chi square menunjukkan terdapat tren hubungan anemia pada kehamilan dengan kejadian BBLR yang diinterpretasikan melalui interval kepercayaan (p = 0,059; OR = 2,707; 95% CI= 1,066 – 6,876). Di sisi lain, terdapat faktor-faktor lain yang berperan sebagai variabel perancu dan menunjukkan hubungan yang bermakna terhadap kejadian BBLR yaitu usia kehamilan (p < 0,001; OR = 11,111; 95% CI = 2,911 – 42,410) dan frekuensi antenatal care (p = 0,035). Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tren hubungan yang antara anemia pada kehamilan dengan kejadian BBLR di daerah pesisir Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara. Diperlukan penelitian lanjutan yang mengevaluasi faktor-faktor lain yang berperan terhadap kejadian BBLR seperti kecukupan zat gizi makro dan mikro ibu selama kehamilan, penyakit ibu selama kehamilan, jarak kehamilan, status ekonomi, dan tingkat pendidikan ibu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anemia, kehamilan, BBLR
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:36
Last Modified: 14 Dec 2023 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43770

Actions (login required)

View Item View Item