PERAN EKSTRAK KOMBINASI PEGAGAN, KAYU MANIS, DAN SPIRULINA DALAM MENINGKATKAN NEUROGENESIS PADA OTAK TIKUS DENGAN CEDERA OTAK TRAUMATIS FASE KRONIS

Amrullah, Muliawan. H (2023) PERAN EKSTRAK KOMBINASI PEGAGAN, KAYU MANIS, DAN SPIRULINA DALAM MENINGKATKAN NEUROGENESIS PADA OTAK TIKUS DENGAN CEDERA OTAK TRAUMATIS FASE KRONIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI_Amrullah Muliawan H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Naskah KTI Ringkasan_Amrullah Muliawan H - (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Cedera otak traumatis (COT) merupakan kerusakan sementara atau permanen pada otak yang diakibatkan oleh adanya tekanan mekanik eksternal yang mengenai kranium dan komponen intrakranium. Setelah terjadi COT akan terjadi proses neurogenesis untuk menggantikan sel-sel otak yang rusak. Penelitian ini menguji ekstrak kombinasi pegagan, kayu manis, dan spirulina dalam meningkatkan neurogenesis pada otak tikus dengan cedera otak traumatis menggunakan marker neuronal-neuclei (NeuN). Metode Penelitian ini merupakan penelitian analitik experimental. Subjek penelitian adalah tikus Sprague Dawley laki-laki berumur 10-12 minggu dengan berat 250-300 gram. Pemodelan cedera otak traumatis pada tikus menggunakan tehnik marmarou. Tikus dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok tikus yang diberikan ekstrak kombinasi (N:6) dan kelompok tikus yang diberikan placebo (N:6). Setelah 21 hari perlakuan, otak tikus diambil kemudian dinilai persentase neurogenesisnya dengan pemeriksaan Immunohistochemistry (IHC) menggunakan marker antibodi NeuN. Analisis data menggunakan software SPSS. Hasil: Tidak didapatkan peningkatan neurogenesis pada kelompok perlakuan dibandingkan placebo dengan nilai P> 0,05 (0, 946). Simpulan: Ekstrak kombinasi pegagan, kayu manis, dan spirulina tidak dapat meningkatkan neurogenesis pada otak tikus dengan cedera otak traumatis fase kronis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Traumatic brain injury, Cedera otak traumatis, Neurogenesis, NeuN,Pegagan, kayu manis, Spirulina
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:19
Last Modified: 15 Dec 2023 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43778

Actions (login required)

View Item View Item