HUBUNGAN ANTARA KADAR LOW DENSITY LIPOPROTEIN – CHOLESTEROL DAN GENSINI SCORE PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NTB

Baiq Ghassani, Kayla (2023) HUBUNGAN ANTARA KADAR LOW DENSITY LIPOPROTEIN – CHOLESTEROL DAN GENSINI SCORE PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_Hubungan Antara Kadar Low Density Lipoprotein Cholesterol dan Gensini Score pada Pasien Penyak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Ringkasan KTI_Baiq Ghassani Kayla.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Penyakit jantung koroner (PJK) ialah gangguan pada jantung akibat rusaknya lapisan dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner, sehingga pasokan darah di otot jantung menjadi berkurang. Pada tahun 2013 diketahui penderita PJK di Indonesia sebanyak 883.447 orang. Terjadinya PJK berkaitan dengan gangguan keseimbangan kadar profil lipid, seperti kadar kolesterol total, trigliserida, LDL (Low Density Lipoproteins), dan HDL (High Density Lipoproteins). Dari keempat profil lipid tersebut LDL memiliki peran yang cukup penting dalam terjadinya PJK. Penilaian tingkat keparahan PJK dapat diketahui melalui sistem skoring, seperti Gensini score. Gensini score terbukti menjadi penilaian yang paling cepat dan mudah dilakukan dalam menentukan tingkat keparahan pada PJK. Tujuan Penelitian : Untuk menjelaskan hubungan antara kadar low density lipoprotein - cholesterol dan gensini score pada pasien penyakit jantung koroner di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB. Metode : Desain dalam penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Instrumern yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa hasil data rekam medis yang meliputi data kadar LDL – C dan data base angiografi koroner di laboratorium CAG. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB dengan sampel penelitian yaitu pasien PJK. Pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang. Analisis yang digunakan adalah uji Pearson. Hasil : Analisis statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara kadar LDL – C dan Gensini Score dengan nilai p – value adalah 0,223 (p > 0,05). xi Kesimpulan : Kadar LDL – C dan Gensini Score pada pasien PJK tidak memiliki hubungan yang bermakna.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PJK, LDL – C, gensini score
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:19
Last Modified: 15 Dec 2023 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43780

Actions (login required)

View Item View Item