Optimasi Sediaan Nanoemulgel Ekstrak Biji Buah Makasar (Brucea javanica (L.) Merr) Dengan Variasi Konsentrasi Gelling Agent

NI WAYAN WININDA, WIDYASTUTI (2023) Optimasi Sediaan Nanoemulgel Ekstrak Biji Buah Makasar (Brucea javanica (L.) Merr) Dengan Variasi Konsentrasi Gelling Agent. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Skripsi_Ni Wayan Wininda Widyastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Draft Jurnal Ni Wayan Wininda Widyastuti.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Biji buah makasar (Brucea javanica (L.) Merr) memiliki manfaat sebagai antiinflamasi dan merupakan antioksidan kuat dengan IC50 64,703 ppm sehingga dapat mengurangi penggunaan obat sintetik yang memiliki banyak efek samping. Tanaman tersebut diformulasikan menjadi sediaan topikal seperti nanoemulsi tetapi memiliki daya sebar dan viskositas yang rendah sehingga sulit dalam pengaplikasian. Oleh karena itu, perlu diformulasikan menjadi sediaan nanoemulgel yang memiliki keuntungan yaitu meningkatkan permeabilitas, tidak terlalu berminyak, mudah dibersihkan dan mudah dioleskan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsentrasi optimum antara carbopol dan trietanolamin (TEA) sebagai gelling agent pada formulasi nanoemulgel yang mengandung ekstrak biji buah makasar serta mengetahui sifat fisiknya. Biji buah makasar diekstraksi dengan metode sonikasi. Desain optimasi formula nanoemulgel ditentukan dengan metode simplex lattice design (SLD) dengan komponen yang dioptimasi yaitu konsentrasi carbopol dan trietanolamin (TEA) serta uji pH, uji daya sebar, dan uji daya lekat sebagai parameter respon. Kemudian, formula optimum diverifikasi dengan one sample t-test (p value> 0,05) dan diuji pH, daya sebar, daya lekat, viskositas, persen transmitan, dan organoleptis. Hasil formula optimum nanoemulgel ekstrak biji buah makasar memiliki proporsi komponen carbopol sebesar 1,550% dan trietanolamin sebesar 0,550% dengan p value> 0,05. Sediaan nanoemulgel berwarna kuning dengan bentuk semisolid serta bau khas ekstrak biji buah makasar. Nanoemulgel memiliki pH 4,9±0,08; daya sebar 5,84±0,21 cm; daya lekat 3,87±0,17 detik; viskositas 5.200±0,013 cP; dan transmitan nanoemulgel 84,47±0,02%. Sediaan tersebut memiliki karakteristik sesuai persyaratan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biji buah makasar (Brucea javanica (L.) Merr), Nanoemulgel, Optimasi, Simplex lattice design (SLD).
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Dec 2023 09:19
Last Modified: 15 Dec 2023 09:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43782

Actions (login required)

View Item View Item