HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DENGAN KEJADIAN MIOPIA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN 2020 DAN 2021

Jihan Alifa, Rahma (2023) HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DENGAN KEJADIAN MIOPIA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN 2020 DAN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_Jihan_Alifa_Rahma_H1A020056[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
RINGKASAN_KTI_JIHAN_ALIFA_RAHMA_H1A020056[1].pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Latar belakang : Miopia adalah gangguan pengelihatan (rabun jauh) dimana seseorang melihat jelas ketika melihat dekat, sedangkan melihat buram ketika melihat jauh. Miopia bersifat multifaktoral, hal yang diyakini dapat menyebabkan miopia diantaranya faktor internal ras/etnis dan faktor eksternal seperti perilaku. Pada generasi muda atau kaum pelajar, masalah kesehatan mata sekitar 90% merupakan miopia (rabun jauh) yang sering dikaitkan dengan perilaku belajar tidak baik. Perilaku belajar yang dimaksud adalah jarak membaca saat belajar, posisi tubuh saat belajar, cahaya ruangan saat belajar dan media belajar, penggunaan buku atau e-book (gadget). Perilaku belajar merupakan salah satu faktor yang dapat dimodifikasi sehingga dapat mengurangi kejadian miopia. Metode : Analitik observasional dengan desain penelitian cross-sectional. Metode pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dengan jumlah minimal 30 responden. Instrumen penelitian menggunakan data primer. Pengukuran perilaku belajar menggunakan kuisioner yang telah divalidasi dan pengukuran status refraksi (miopia) dilakukan oleh refraksionis di poli Mata RS UNRAM menggunakan snellen chart, trial lens dan trial frame. Analisa data univariat untuk menentukan distribusi frekuensi variabel penelitian status refraksi miopia, perilaku belajar dan karakteristik responden usia, jenis kelamin, media belajar dan penggunaan kacamata. Uji hipotesis menggunakan uji chi-square dan Mann-Whitney. Hasil : Penelitian telah dilakukan di poli Mata RS UNRAM. Responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 33 responden. Rentang usia terbanyak pada usia 21 tahun sebanyak 17 orang (51,5%). Jenis kelamin perempuan sebanyak 18 orang (54,5%). Subjek yang menggunakan kacamata untuk koreksi refraksi sebanyak 18 orang (54,5%). Sebagian subjek mengalami kelainan refraksi miopia yaitu sebanyak 19 orang (57,6%). Seluruh subjek yaitu 33 orang (100%) menggunakan media belajar berupa Gadget Laptop/Computer/HP. Didapatkan karakteristik perilaku belajar jarak pandang <30 cm sebanyak 17 orang (51,5%), vi pencahayaan kategori baik sebanyak 14 orang (42,2%), durasi belajar subjek paling banyak pada kategori 3 jam sebanyak 8 orang (24,4%) dengan rata-rata 4,42 jam, durasi membaca >30 menit tanpa istirahat atau jeda sebanyak 22 orang (66,7%) dan sebanyak 25 orang subjek (75,8%) belajar dengan posisi duduk. Hasil penelitian ini diperoleh tidak terdapat hubungan yang signifikan antara jarak pandang saat belajar dengan kejadian miopia (p = 0,119), pencahayaan saat belajar dengan kejadian miopia (p = 0,337), durasi membaca dengan kejadian miopia (p = 0,081), posisi badan saat belajar dengan kejadian miopia dengan kejadian miopia (p = 0,187). Terdapat perbedaan yang signifikan antara subjek miopia dan non miopia dari kuisioner pencahayaan pada poin kenyamanan pencahayaan (p = 0,028), tingkat pencahyaan (p = 0,019) dan jangkauan pencahayaan (p = 0,029). Simpulan : Terdapat hubungan kenyamanan pencahayaan, tingkat pencahyaan dan jangkauan pencahayaan dengan kejadian miopia pada mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unram Angkatan 2020 dan 2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): miopia, perilaku belajar, jarak pandang saat belajar, pencahayaan saat belajar, durasi belajar, posisi badan saat belajar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Dec 2023 09:19
Last Modified: 15 Dec 2023 09:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43784

Actions (login required)

View Item View Item