PRINSIP-PRINSIP KESANTUNAN DALAM TUTURAN MAHASISWA SEMESTER 5 PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS BRAWIJAYA: ANALISIS PRAGMATIK

Dio, Alif (2023) PRINSIP-PRINSIP KESANTUNAN DALAM TUTURAN MAHASISWA SEMESTER 5 PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS BRAWIJAYA: ANALISIS PRAGMATIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIO ALIF PEMBUKUAN SCAN ASLI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal Skripsi Dio alif fix.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan prinsip-prinsip kesantunan dalam tuturan mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Brawijaya berdasarkan teori Geoffry Leech. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang digunakan mahasiswa Universitas Brawijaya saat berinteraksi. Metode dan teknik penyediaan data dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik sadap, simak bebas libat cakap, catat, teknik rekam dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan intralingual dan padan ekstralingual. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan enam pematuhan maksim dalam tuturan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Brawijaya angkatan 2020 meliputi enam maksim, (1) maksim kebijaksanaan terdapat empat pematuhan, (2) maksim kedermawanan terdapat lima pematuhan, (3) maksim penghargaan terdapat empat pematuhan, (4) maksim kesederhanaan terdapat dua pematuhan, (5) maksim kesimpatian terdapat delapan pematuhan, (6) maksim permufakatan/kecocokan terdapat dua belas pematuhan dan pematuhan maksim yang paling banyak digunakan adalah maksim permufakatan/kecocokan dengan total dua belas data yang ditemukan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prinsip Kesantunan, Tuturan, Mahasiswa
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:36
Last Modified: 18 Dec 2023 02:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43788

Actions (login required)

View Item View Item