ANALISIS MISKONSEPSI MATERI ASAM BASA DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI DAN WAWANCARA DIAGNOSIS PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

SADHU, SATYA (2015) ANALISIS MISKONSEPSI MATERI ASAM BASA DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI DAN WAWANCARA DIAGNOSIS PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada miskonsepsi yang dialami siswa tentang teori asam basa; (2) mengetahui miskonsepsi apa saja yang dialami siswa pada teori asam basa; (3) untuk mengetahui besar persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada setiap subkonsep teori asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel 148 siswa kelas XI SAINS SMAN 5 Mataram yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kognitif tinggi dan kelas kognitif rendah yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada kelas kognitif tinggi yaitu sebesar 43,86% dan miskonsepsi yang terjadi pada kelas kognitif rendah yaitu sebesar 24,63%. Persentase miskonsepsi di kelas kognitif tinggi pada subkonsep teori asam basa Arrhenius sebesar 42,85%, teori asam basa Bronsted-Lowry sebesar 46,61% dan teori asam basa Lewis sebesar 42,28%. Persentase miskonsepsi di kelas kognitif rendah pada subkonsep teori asam basa Arrhenius sebesar 28,36%, teori asam basa Bronsted-Lowry sebesar 21,15% dan teori asam basa Lewis sebesar 24,39%. Berdasarkan hasil wawancara diagnosis menunjukkan bahwa miskonsepsi pada siswa dikarenakan siswa tidak memahami konsep secara utuh dan menghubungkan satu konsep dengan konsep lain dengan pemahaman parsial, sehingga mengakibatkan siswa membuat kesimpulan yang salah. Jenis miskonsepsi yang terjadi yaitu salah paham konseptual. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa Certainty of Response Indexi (CRI) Termodifikasi efektif digunakan untuk menganalisis miskonsepsi dan wawancara diagnosis efektif digunakan dalam mengetahui alasan siswa yang menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Certainty of Response Index Termodifikasi, Wawancara Diagnosis, Miskonsepsi, Teori Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 May 2018 03:08
Last Modified: 28 May 2018 03:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4379

Actions (login required)

View Item View Item