PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KOMBINASI PEGAGAN, KAYU MANIS, DAN SPIRULINA TERHADAP NEUROGENESIS PADA TIKUS DENGAN CEDERA OTAK TRAUMATIK FASE SUBAKUT

Raditya Bayu Farizil, Akhyar (2023) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KOMBINASI PEGAGAN, KAYU MANIS, DAN SPIRULINA TERHADAP NEUROGENESIS PADA TIKUS DENGAN CEDERA OTAK TRAUMATIK FASE SUBAKUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI BAB I-VI (REVISI FINAL) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
RINGKASAN KARYA TULIS ILMIAH RADITYA BAYU F.A..pdf

Download (650kB)

Abstract

Latar Belakang: Cedera otak traumatik (COT) merupakan kerusakan sementara atau permanen pada otak yang diakibatkan oleh adanya tekanan mekanik eksternal yang mengenai kranium dan komponen intrakranium. Setelah terjadi COT akan terjadi proses neurogenesis untuk menggantikan sel-sel otak yang rusak. Penelitian ini menguji ekstrak kombinasi pegagan, kayu manis, dan spirulina dalam neurogenesis. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental. Subjek penelitian ini adalah tikus Sprague Dawley jantan berumur 10-12 minggu dengan berat 200-400 gram. Pemodelan cedera otak traumatik pada tikus menggunakan teknik marmarou, yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok tikus yang diberikan ekstrak kombinasi (N:6) dan kelompok tikus yang diberikan placebo (N:6). Setelah 10 hari perlakuan, otak tikus diambil kemudian dinilai persentase neurogenesisnya menggunakan penilaian IHC dengan marker antibodi NeuN. Analisis data menggunakan software SPSS. Hasil: Tidak ada perbedaan signifikan persentase protein NeuN antara kelompok perlakuan dan placebo. Rata-rata persentase NeuN pada kelompok perlakuan adalah 71.66%, dan pada kelompok placebo 65.00 %. Uji korelasi menunjukkan tidak dijumpai korelasi yang bermakna, P > 0.05 (Sig. 0.111). Simpulan: Pemberian ekstrak kombinasi pegagan, kayu manis, dan spirulina tidak mempengaruhi neurogenesis pada otak tikus dengan cedera otak traumatis fase subakut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cedera otak traumatik, Neurogenesis, Pegagan, Kayu manis, Spirulina
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:53
Last Modified: 19 Dec 2023 06:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43797

Actions (login required)

View Item View Item