IDENTIFIKASI SENYAWA DAN KAPASITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL 70% GONAD BULU BABI DENGAN UKURAN PARTIKEL HALUS DARI PESISIR PULAU LOMBOK YANG BERPOTENSI SEBAGAI ANTIKANKER

Gaida Gita, Savitri (2023) IDENTIFIKASI SENYAWA DAN KAPASITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL 70% GONAD BULU BABI DENGAN UKURAN PARTIKEL HALUS DARI PESISIR PULAU LOMBOK YANG BERPOTENSI SEBAGAI ANTIKANKER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1 revisi kti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Ringkasan KTI_Gaida Gita Savitri.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Naskah Publikasi_Gaida Gita Savitri.pdf

Download (273kB)

Abstract

Latar belekang: Kanker ditandai dengan adanya sel abnormal yang berkembang secara tidak terkendali sekaligus menyerang dan berpindah pada sel-sel dan jaringan dalam tubuh. Kanker dapat disebabkan oleh akumulasi radikal bebas yang merusak lipid, protein dan DNA. Terapi kanker yang sudah ada saat ini memiliki beragam efek samping dan harganya mahal, sehingga maka dari itu, perlu untuk menggali potensi pengobatan lain, salah satunya yang bersumber dari laut. Bulu babi merupakan biota laut yang kaya akan nutrisi dan senyawa aktif. Beberapa senyawa aktif tersebut memiliki aktivitas antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas, sehingga selanjutnya dapat digunakan untuk terapi kanker. Tujuan: Mengidentifikasi senyawa dan kapasitas antioksidan yang terkandung dalam ekstrak etanol 70% gonad bulu babi dengan ukuran partikel halus dari pesisir pulau Lombok yang berpotensi sebagai antikanker. Desain penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian berbasis laboratorium untuk mengidentifikasi senyawa dan kapasitas antioksidan ekstrak etanol 70% gonad bulu babi dari populasi terbanyak yang ditemukan di pesisir Pulau Lombok. Ekstrak kental gonad diidentifikasi menggunakan Gas Chromatography-Mass Spectometry (GCMS). Uji aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode DPPH. Hasil berupa identifikasi senyawa dari Gas Chromatography-Mass Spectometry (GC-MS) yang disajikan dalam bentuk narasi dan atau gambar. Uji aktivitas antioksidan melalui uji DPPH akan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil: Senyawa yang teridentifikasi dalam ekstrak etanol 70% gonad bulu babi adalah sebanyak 20 senyawa. Senyawa-senyawa tersebut berasal dari asam lemak jenuh dan tidak jenuh. Senyawa dengan persentase terbanyak yang ditemui adalah Tetradecanoic acid (CAS) Myristic acid (20.49%). Kapasistas antioksidan gonad bulu babi yang diuji dengan metode DPPH didapatkan nilai IC50 420,421 ppm yang masuk dalam kategori lemah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kanker, bulu babi, senyawa aktif, kapasitas antioksidan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:53
Last Modified: 19 Dec 2023 06:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43800

Actions (login required)

View Item View Item