KONSEP CINTA DALAM NOVEL KONSPIRASI ALAM SEMESTA KARYA FIERSA BESARI ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA: TEORI TRIANGULAR OF LOVE (SEGITIGA CINTA) ROBERT J. STERNBERG

M., SOFIAN (2023) KONSEP CINTA DALAM NOVEL KONSPIRASI ALAM SEMESTA KARYA FIERSA BESARI ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA: TEORI TRIANGULAR OF LOVE (SEGITIGA CINTA) ROBERT J. STERNBERG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_M. SOFIAN_E1C019109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Sofian (E1C019109)_Artikel_1.pdf

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konsep cinta dalam novel Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari khususnya konsep cinta pada hubungan tokoh utama Juang dan Ana yang meliputi komponen cinta pada hubungannya dan jenis cinta pada hubungan Juang dan Ana. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan bentuk komponen segitiga cinta Robert J. Sternberg dalam novel Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari. (2) Untuk mendeskripsikan jenis cinta. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut maka jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dan pencatatan dengan cara membaca secara itensif novel Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari, kemudian mencatat kalimat atau dialog yang terdapat komponen cinta seperti keintiman, hasrat dan komitmen pada hubungan tokoh Juang dan Ana. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang mengacu pada teori Tringluary of Love Robert J. Sternberg. Hasil yang diperoleh dari analisis komponen cinta dan jenis cinta pada hubungan tokoh Juang dan Ana yaitu terdapatnya semua komponen cinta seperti keintiman, hasrat, dan keputusan atau komitmen pada hubungan Juang dan Ana sehingga memiliki jenis cinta sejati.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komponen Cinta, Jenis cinta, Novel, Teori Tringulary of Love
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:53
Last Modified: 19 Dec 2023 06:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43806

Actions (login required)

View Item View Item