PROFIL GOLONGAN FLAVONOID DARI AKAR TUMBUHAN GENUS ARTOCARPUS DI WILAYAH LOMBOK TENGAH: BULETIN PENDUKUNG PEMBELAJARAN KIMIA BAHAN ALAM

ILAL, MAESAROH (2023) PROFIL GOLONGAN FLAVONOID DARI AKAR TUMBUHAN GENUS ARTOCARPUS DI WILAYAH LOMBOK TENGAH: BULETIN PENDUKUNG PEMBELAJARAN KIMIA BAHAN ALAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_ILAL MAESAROH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
RANCANGAN JURNAL_ILAL.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil golongan flavonoid dari akar tumbuhan genus Artocarpus di wilayah Lombok Tengah. Luaran dari penelitian ini adalah buletin yang akan diuji validitas dan tingkat kelayakan sehingga dapat mendukung pembelajaran kimia bahan alam. Metode dalam mengidentifikasi profil golongan flavonoid dilakukan 3 uji yang berbeda yaitu: uji fitokimia (warna); metode kromatografi lapis tipis (KLT); dan metode Gass Cromatografy-Mass Spectroscopy (GC-MS). Jenis-jenis sampel akar tumbuhan genus Artocarpus yang dijumpai di Lombok Tengah yaitu: nangka; kluwih; sukun; dan cempedak. Sedangkan metode penelitian untuk buletin menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket mahasiswa. Hasil uji identifikasi golongan flavonoid dari ekstrak sampel akar tumbuhan dengan 3 uji yang berbeda didapatkan hasil positif pada uji fitokimia (warna), hasil positif pada metode KLT, dan pada uji GC-MS 2 ekstrak sampel akar yaitu nangka dan kluwih dibuktikan positif mengandung flavonoid jenis 2,3-Dihydro-3,5- dihydroxy-6-methyl-4H-pyran-4-one. Hasil uji untuk buletin yaitu: 1) buletin ini dinyatakan valid berdasarkan perhitungan indeks Aiken rata-rata nilai validasi dari dua validator sebesar 0,74; 2) hasil perhitungan persentase nilai-nilai uji kepraktisan buletin pada mahasiswa sebesar 81% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa buletin terhadap profil golongan flavonoid dari akar tumbuhan genus Artocarpus di wilayah Lombok Tengah layak digunakan untuk mendukung pembelajaran kimia bahan alam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Identifikasi, Flavonoid, Genus Artocarpus, Lombok Tengah, Buletin.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 00:16
Last Modified: 20 Dec 2023 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43809

Actions (login required)

View Item View Item