GAMBARAN FAKTOR RISIKO PENDERITA KUSTA BERBASIS WILAYAH KERJA PUSKESMAS DI DAERAH ENDEMIK RENDAH KOTA MATARAM PERIODE 2019 - 2022

Clara, Nadila (2023) GAMBARAN FAKTOR RISIKO PENDERITA KUSTA BERBASIS WILAYAH KERJA PUSKESMAS DI DAERAH ENDEMIK RENDAH KOTA MATARAM PERIODE 2019 - 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Clara Nadila (H1A020023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi Ilmiah_Clara Nadila (H1A020023).pdf

Download (202kB)

Abstract

Latar Belakang : Diantara penyakit menular lainnya, kusta merupakan penyebab utama neuropati perifer dan kecacatan. Tren penemuan kasus kusta di Kota Mataram tergolong fluktuatif, cenderung meningkat. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional yang dilakukan di 11 Puskesmas di Kota Mataram 45 total sampel. Subjek pada penelitian ini adalah rekam medik pasien yang terdiagnosis kusta dengan pengambilan sampel secara whole sampling dan wawancara mendalam bersama tiga programmer kusta secara systematic sampling. Hasil : Prevalensi kasus kusta di wilayah Kota Mataram fluktuatif cenderung meningkat, dan didominasi oleh pasien dewasa >29 tahun. Faktor risiko yang ditemukan adalah : tingkat pendidikan pada tingkat menengah (55,6%), usia >29 tahun (71,1%), Jenis kelamin laki-laki (66,7%), pekerja ringan (86,7%), Tidak memiliki riwayat kontak erat dengan penderita kusta sebelumnya (73,3%), dan tinggal di rumah sehat (82,2%). Berdasarkan hasil wawancara mendalam bersama programmer kusta di tiga Puskesmas, ditemukan gambaran pemahaman programmer yang belum maksimal dalam menjalankan program penanggulangan kusta dikarenakan kurangnya perhatian dari pemerintah baik dari sisi peningkatan kapasitas maupun logistik ketersediaan obat. Simpulan : Tren epidemiologi dan faktor risiko kusta di Kota Mataram mengindikasikan kontrol penyakit kusta yang kurang optimal dilihat dari jumlah penderitanya yang meningkat meski masih dalam kriteria wilayah eliminasi kusta.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Epidemiologi, Kusta, Faktor risiko kusta, endemik rendah
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:56
Last Modified: 20 Dec 2023 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43826

Actions (login required)

View Item View Item