HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN RETINOPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 YANG MENGIKUTI PROLANIS DI KOTA MATARAM

Ananda, Rizkia (2023) HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN RETINOPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 YANG MENGIKUTI PROLANIS DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_Ananda Rizkia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi Ilmiah_Ananda Rizkia.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Ringkasan KTI_Ananda Rizkia.pdf

Download (199kB)

Abstract

Latar Belakang: Retinopati diabetik (RD) merupakan penyebab kebutaan terbanyak pada pasien dengan diabetes melitus (DM). Berbagai upaya dilakukan untuk menurunkan komplikasi DM ini, diantaranya melalui program pengelolaan penyakit kronis (prolanis). Salah satu faktor risiko utama pada RD ialah hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prevalensi hipertensi, prevalensi RD, dan hubungan hipertensi sebagai salah satu faktor risiko mayor pada RD dengan kejadian RD pada komunitas prolanis di Kota Mataram. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional. Subjek penelitian ini adalah pasien DM tipe 2 yang tergabung pada komunitas prolanis di Klinik AsySyifa, Puskesmas Pagesangan, dan Puskesmas Dasan Agung Kota Mataram. Data diambil dengan melakukan pengukuran tekanan darah secara langsung dan pemeriksaan mata yang dilakukan oleh dokter spesialis mata. Analisis statistik dilakukan dengan SPSS, menggunakan uji spearman. Hasil: Dari 43 pasien, terdapat 22 (51,2%) pasien menderita hipertensi dan 7 (16,3) pasien menderita retinopati diabetik dengan 5 (11,6%) diantaranya menderita NPDR ringan dan 2 (4,7%) lainnya menderita NPDR sedang. Pada penelitian ini, tidak ditemukan hubungan antara hipertensi dengan retinopati diabetik pada pasien dengan nilai p = 0,852 dan r = -0,029. Simpulan: Tidak ada hubungan antara hipertensi dengan kejadian retinopati diabetik pada pasien DM tipe 2 yang mengikuti prolanis di Klinik Asy-Syifa, Puskesmas Pagesangan, dan Puskesmas Dasan Agung Kota Mataram, NTB. Bagaimanapun, RD adalah penyakit multifaktorial sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menelusuri keberadaan faktor risiko lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hipertensi, Retinopati Diabetik, Prolanis
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:56
Last Modified: 20 Dec 2023 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43834

Actions (login required)

View Item View Item