HUBUNGAN PEMBERIAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS DENGAN KADAR ELEKTROLIT PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU MULTIDRUG-RESISTANT DI RSUD PROVINSI NTB

Pratiwi, Anggraini (2023) HUBUNGAN PEMBERIAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS DENGAN KADAR ELEKTROLIT PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU MULTIDRUG-RESISTANT DI RSUD PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Karya Tulis Ilmiah_Pratiwi Anggraini (H1A020087).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
RINGKASAN KARYA TULIS ILMIAH_Pratiwi Anggraini (H1A020087).pdf

Download (530kB)

Abstract

Latar Belakang: Hingga tahun 2019, World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa TB menempati peringkat pertama penyebab kematian akibat infeksi agen tunggal. Munculnya kasus TB Resistan Obat (TB-RO), termasuk Multidrug Resistant-Tuberculosis (TB-MDR) merupakan salah satu tantangan yang muncul dalam penanganan kasus TB. Tatalaksana TB-MDR yang membutuhkan waktu lebih lama tidak jarang dapat menimbulkan berbagai efek samping, salah satunya ketidakseimbangan elektrolit. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui karakteristik pasien TB-MDR di RSUD Provinsi NTB serta hubungan antara pemberian Obat Anti Tuberkulosis (OAT) dengan kadar elektrolit pasien. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian kohort retrospektif. Subjek penelitian merupakan pasien TB-MDR di RSUD Provinsi NTB pada periode 2017-2023. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan dan uji Wilcoxon sebagai alternatif pada data yang tidak terdistribusi normal. Hasil: Total 20 pasien TB-MDR dianalisis selama periode penelitian yang didominasi oleh laki-laki (60%). Efek samping berupa gangguan elektrolit yang muncul pada subjek penelitian ini meliputi hiponatremia (15%), hipokalemia (15%), hipokloremia (10%), dan hiperkloremia (20%). Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian OAT dengan kadar serum klorida pasien (p= 0,029). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian OAT dengan kadar serum natrium dan kalium pasien (p=0,613 dan p=0,318). Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian OAT dengan kadar serum klorida pada pasien TB-MDR di RSUD Provinsi NTB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TB-MDR, Obat Anti Tuberkulosis, Kadar Elektrolit
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:56
Last Modified: 20 Dec 2023 07:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43838

Actions (login required)

View Item View Item