HUBUNGAN ANTARA PARITAS DAN USIA DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS NIPAH, MALAKA, KABUPATEN LOMBOK UTARA

Baiq Ramdhani Amelia, Negara (2023) HUBUNGAN ANTARA PARITAS DAN USIA DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS NIPAH, MALAKA, KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Baiq Ramdhani Amelia Negara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Ringkasan KTI_Baiq Ramdhani Amelia Negara.pdf

Download (416kB)

Abstract

Latar Belakang: Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang terutama banyak terjadi di negara berkembang. Angka kejadian anemia di Indonesia masih tergolong tinggi dimana pada tahun 2019 tercatat sebanyak 48,9% ibu hamil mengalami anemia, sedangkan di NTB sendiri angka kejadian anemia sebesar 56,5%. Terdapat beberapa faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil diantaranya yaitu paritas dan usia sehingga peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian untuk melihat apakah terdapat hubungan antara paritas dan usia dengan kejadian anemia. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian case control, dimana terdapat kelompok kasus dan kelompok kontrol dengan perbandingan masingmasing kelompok 1:1. Penelitian dilakukan pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Nipah, Malaka, Kabupaten Lombok Utara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 27.0.1. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan melalui uji hipotesis menggunakan uji Spearman rho menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara paritas dengan kejadian anemia. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara usia dengan kejadian anemia. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara paritas dan usia dengan kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Nipah, Malaka, Kabupaten Lombok Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anemia, Paritas, Usia
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2023 05:18
Last Modified: 21 Dec 2023 05:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43842

Actions (login required)

View Item View Item