PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF BURSA EFEK INDONESIA MELALUI AKUN INSTAGRAM @INDONESIASTOCKEXCHANGE TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI

Muhammad Wahyu Febry, Irawan (2023) PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF BURSA EFEK INDONESIA MELALUI AKUN INSTAGRAM @INDONESIASTOCKEXCHANGE TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi L1B017077 (Muhammad Wahyu Febry Irawan).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal L1B017077 (Muhammad Wahyu Febry Irawan).pdf

Download (160kB)

Abstract

Bursa Efek Indonesia memanfaatkan media sosial Instagram @indonesiastockexchange untuk membagikan informasi mengenai investasi kepada pengikutnya. Akun Instagram @indonesiastockexchange dibuat tahun 2014 dengan pengikut sebanyak 550.000 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komunikasi persuasif Bursa Efek Indonesia melalui akun Instagram @indonesiastockexchange terhadap keputusan berinvestasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Penelitian ini meneliti pengaruh antara dua variabel yaitu komunikasi persuasif dengan keputusan berinvestasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden yaitu para pengikut akun Instagram @indonesiastockexchange. Pada Penelitian ini, metode pengolahan dan analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25 untuk analisis tabel tunggal, analisis statistik deskriptif, analisis korelasi Spearman, analisis regresi linier sederhana, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi persuasif Bursa Efek Indonesia melalui akun Instagram @indonesiastockexchange terhadap keputusan berinvestasi pengikutnya dengan nilai sebesar 44,7% yang termasuk ke dalam kategori cukup kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi Persuasif; Instagram; Keputusan Berinvestasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2023 05:19
Last Modified: 21 Dec 2023 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43856

Actions (login required)

View Item View Item