ANALISIS TEKNIK BAHASA HUMOR PADA CERAMAHCERAMAH GUS BAHA: KAJIAN LINGUISTIK HUMOR

MUHAMMAD, RIZAL (2023) ANALISIS TEKNIK BAHASA HUMOR PADA CERAMAHCERAMAH GUS BAHA: KAJIAN LINGUISTIK HUMOR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Rizal skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL - MUHAMMAD RIZAL - FINAL TEMPLATE.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teknik-teknik bahasa humor yang digunakan oleh Gus Baha dalam ceramah agama. Gus Baha dikenal sebagai penceramah yang mengintegrasikan humor ke dalam ceramahnya untuk membuat materi yang berat menjadi lebih ringan dan mudah dipahami oleh pendengar. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode kualitatif, dengan menggunakan metode simak sebagai metode pengumpulan data. Setiap data dalam penelitin ini, dianalisi dengan menggunakan teori humor Arthur Asa Berger. Tiga ceramah Gus Baha dipilih sebagai objek penelitian, yaitu (1) Ngaji Tafsir Alquran Bersama Gus Baha dan Tuan Guru Bajang, (2) Hijrah untuk Negeri, (3) Sulitnya Mencari Ahli Fikih di Kota-Kota Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, teknik bahasa humor yang digunakan oleh Gus Baha didominasi oleh teknik allusion dan facetiousness. Selain itu, penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang pentingnya penggunaan humor dalam ceramah, agar mempermudah pendengar memahami pesan yang disampaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik-teknik bahasa humor, Ceramah Gus Baha, Arthur Asa Berger, dan penggunaan humor dalam ceramah
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 10:50
Last Modified: 22 Dec 2023 10:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43862

Actions (login required)

View Item View Item