Hubungan antara Kadar Protein NRAMP-1 dan Jenis Kelamin pada Limfadenitis TB

Muhammad Renaldi, Irawan (2023) Hubungan antara Kadar Protein NRAMP-1 dan Jenis Kelamin pada Limfadenitis TB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Hasil KTI_Muhammad Renaldi Irawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RINGKASAN KTI_Muhammad Renaldi Irawan.pdf

Download (331kB)

Abstract

Latar belakang: Kasus TB di Indonesia menempati posisi ketiga setelah India dan China dengan estimasi sekitar 824.000 kasus dan jumlah kematian berkisar 93.000 per tahun. Limfadenitis Tuberkulosis (LnTB), merupakan salah satu jenis dari TB ekstraparu yang paling umum terjadi dibandingkan menifestasi EPTB lainnya. Kejadian LnTB paling sering ditemukan terjadi pada perempuan dibandingkan lakilaki. Disisi lain, Protein NRAMP-1 memegang peranan yang cukup penting dalam kerentanan inang terhadap infeksi TB dan perkembangan dari MTB, hingga dapat mengarah pada EPTB. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar protein NRAMP-1 pada setiap jenis kelamin pada penderita LnTB. Metode: Desain penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel yang digunakan adalah total sampling, yang diperoleh dari setiap rekam medis pasien LnTB pada beberapa puskesmas di Nusa Tenggara Barat. Besar sampel penelitian ialah 108 orang dengan analisis statistik menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil: Subjek penelitian berasal dari beberapa puskesmas di Nusa Tenggara Barat. Subjek penelitian didominasi oleh jenis kelamin perempuan dengan jumlah 71 orang (65,7%) dibandingkan jenis kelamin laki-laki dengan jumlah 37 orang (34,3%). Sedangkan berdasarkan usianya paling banyak ditemukan dengan rentang usia 20-60 Tahun berjumlah 89 orang (82,4%). Untuk kadar protein NRAMP-1 dari uji statistic menggunakan Mann-Whitney, didapatkan nilai signifikansi 0.928 (Asymp. Sig. 2 tailed > 0,05). Kesimpulan: Tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara kadar protein NRAMP-1 pada laki-laki maupun perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): NRAMP-1 (Natural Resistance Associate Macrophage Protein-1), Jenis Kelamin, Limfadenitis Tuberkulosis
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:11
Last Modified: 22 Dec 2023 11:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43864

Actions (login required)

View Item View Item