HUBUNGAN ANTARA POSISI BELAJAR DAN LAMA DUDUK SELAMA BELAJAR DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI UNIVERSITAS MATARAM

Mohammad Zaariq, Prasetyo (2023) HUBUNGAN ANTARA POSISI BELAJAR DAN LAMA DUDUK SELAMA BELAJAR DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_Mohammad Zaariq Prasetyo (H1A019068)-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Naskah Publikasi_Mohammad Zaariq Prasetyo (H1A019068).pdf

Download (710kB)

Abstract

Latar Belakang: Nyeri punggung bawah yang dialami mahasiswa berdampak pada penurunan konsentrasi belajar, kualitas tidur yang buruk, dan aktivitas fisik yang terbatas sehingga menyebabkan penurunan kinerja akademik dan peningkatan tingkat stres. Duduk dalam waktu yang lama dan posisi belajar tidak ergonomis berpengaruh dengan terjadinya nyeri punggung bawah pada mahasiswa. Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik potong lintang pada mahasiswa program studi farmasi Universitas Mataram. Sampel dipilih menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh dengan melakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, berat tas, dan pengisian kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik Chi-square. Hasil: Sebanyak 134 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil analisis statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan antara posisi belajar, lama duduk selama belajar, peregangan, cara membawa tas, beban tas terhadap kejadian nyeri punggung bawah (p>0,05) dan terdapat hubungan antara overweight atau obesitas dengan kejadian nyeri punggung bawah (p<0,05). Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara posisi belajar dan lama duduk selama belajar dengan kejadian nyeri punggung bawah pada mahasiswa program studi farmasi Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nyeri Punggung Bawah, Mahasiswa Farmasi, Posisi Belajar, Lama Duduk.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:11
Last Modified: 22 Dec 2023 11:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43868

Actions (login required)

View Item View Item