ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS MATARAM MENGGUNAKAN REGRESI PROBIT BINER

IKA, FATMALLAH (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS MATARAM MENGGUNAKAN REGRESI PROBIT BINER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IKA FATMALLAH FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
artikel ika fatmallah (final).pdf

Download (899kB)

Abstract

Indeks prestasi kumulatif (IPK) merupakan salah satu indikator keberhasilan mahasiswa selama melaksanakan perkuliahan. Pada dasarnya ada banyak manfaat yang didapatkan mahasiswa dengan memperoleh IPK tinggi antara lain dapat mempercepat masa kuliah, memungkinkan memperoleh beasiswa bahkan dapat memenuhi persyaratan dalam melamar pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model regresi probit biner IPK mahasiswa matematika FMIPA Universitas Mataram dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh signifikan terhadap IPK mahasiswa matematika FMIPA Universitas Mataram. Analisis statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi probit biner, dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sebagai variabel respon ( ) dan jenis kelamin ( ), usia ( ), asal sekolah ( ), jurusan asal sekolah ( ), pekerjaan orang tua ( ), daerah asal ( ), tempat tinggal ( ), biaya hidup tiap bulan( ), menerima beasiswa ( ), lama belajar perhari ( ) lama penggunaan internet untuk belajar perhari ( ), jumlah organisasi yang diikuti ( ), ststus bekerja ( ), pendidikan ayah ( ), pendidikan ibu ( ), fasilitas kampus ( ), lingkungan kampus ( ), minat belajar ( ), dan lingkungan keluarga ( ) sebagai variabel prediktor. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa aktif matematika FMIPA Universitas Mataram dengan jumlah data adalah 160 responden. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh faktor yang signifikan mempengaruhi IPK mahasiswa matematika FMIPA Universitas Mataram adalah , , , dan dengan diperoleh angka ketepatan klasifikasi sebesar 68,12%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Regresi Probit Biner
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 11:11
Last Modified: 22 Dec 2023 11:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43873

Actions (login required)

View Item View Item